UNTUK INDONESIA
PPIH Debarkasi Makassar Siap Sambut Jemaah Haji
Rapat persiapan pemulangan jemaah haji asal Makassar berlangsung di Aula Haji Kanwil Kemenag Provinsi Sulsel, Jumat 16 Agustus 2019.
Rapat pemulangan jemaah haji 2019 debarkasi Makassar. (Foto: Tagar/Aan Febriansyah)

Makassar - Pemulangan jemaah haji Indonesia akan dimulai pada 18 Agustus 2019 mendatang. Rencananya, jemaah haji mulai melakukan penimbangan bagasi di Jeddah Arab Saudi.

Karena itu, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) embarkasi Makassar melakukan persiapan untuk menyambut kedatangan jemaah haji dari tanah suci.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulsel, H. Anwar Abubakar membuka Rapat Pemantapan Pemulangan Jemaah Haji Embarkasi Makassar di Aula Haji Kanwil Kemenag Provinsi Sulsel, Jumat 16 Agustus 2019.

Dalam sambutannya, Anwar mengungkapkan terima kasih kepada seluruh panitia pelaksana karena proses Embarkasi kemarin berjalan dengan lancar tanpa kendala yang berarti.

“Tanggal 18 Agustus nantinya akan dimulai proses Debarkasi yang sekarang harus dibicarakan,” kata Anwar.

Ia mengaku ada beberapa hal yang menjadi catatan terkait beberapa masalah yang setiap tahun menjadi kendala. Di antaranya terkait keluarga yang menjemput jemaah haji di asrama haji.

Anwar mengungkapkan kepada seluruh panitia agar memperhatikan jumlah air zamzam yang dibawah ke daerah masing-masing agar tidak terjadi kekurangan jumlah.

“Selain itu juga terkait dengan barang bawaan jemaah haji perlu dipahami prosesnya,” ujarnya.

Selain itu, Anwar meminta keaktifan para panitia pemulangan untuk mempersiapkan segala sesuatunya dan juga meminta membantu menjawab soal hoax banjir yang tersebar di media sosial yang terjadi di Mekah.

“Sudah tiga hari ini saya harus menjawab whatsapp dari keluarg jemaah haji tentang hoax itu dan tolong bantu informasikan karena banyak video banjir yang sebenarnya video itu adalah video beberapa tahun lalu,” jelasnya. []

Baca juga:

Berita terkait
Kronologi Jemaah Haji Asal Pidie Meninggal Dunia di Mina
Kronologi meninggalnya Bungsu, jemaah haji asal Pidie disampaikan dr Yassir dari Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) kloter 11.
Ardiandrayani, Sedih Pergi Haji Tanpa Suami
Setelah menikah, Ardiandrayani dan suami mengumpulkan uang sedikit demi sedikit untuk naik haji. Namun rencana tak seindah kenyataan.
Niat Menentukan Mabrur Tidaknya Haji
Umat Islam berduyun-duyun mengunjungi tanah haram untuk melangsungkan ibadah haji.
0
Panic Buying di Tengah Isu Corona Malah Bikin Rugi
Konsultan jasa finansial Grant Thornton mengingatkan masyarakat tidak melakukan aksi panic buying saat mendengar virus corona masuk Indonesia.