UNTUK INDONESIA
Potensi Wisata Pantai dan Pulau di Nias Barat
Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara memiliki keunggulan tersendiri. Daerah ini mempunyai sumber daya alam yang terpendam.
Ketua DPRD Nias Barat Ir Nitema Gulo (Foto: Tagar/Reza Pahlevi)

Medan - Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara memiliki keunggulan tersendiri. Daerah ini mempunyai sumber daya alam yang terpendam. Panorama keindahan pantai dan pulaunya bisa mengimbangi Danau Toba dan Pulau Dewata di Bali.

Keindahan lokasi wisata di Nias Barat juga pernah diungkapkan oleh Presiden Jokowi ketika mengunjungi daerah tersebut.

"Bapak Jokowi ketika datang di Nias melihat peta Kepulauan Nias itu hanya ada dua keunggulan yaitu kelautan dan perikanan serta pariwisatanya. Oleh karena itu pariwisata harus dikembangkan. Pulau dan pantainya sangat indah," ungkap Ketua DPRD Nias Barat Nitema Gulo, di Kota Medan, Sabtu 6 Juli 2019.

Ada beberapa pantai dan pulau yang memiliki prospek ke depan, untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan menonjolkannya ke taraf nasional bahkan internasional. Hanya saja, semua butuh pembenahan.

Dengan kerendahan hati, saya memohon kepada pemerintah pusat dan provinsi untuk lebih memperhatikan daerah Kabupaten Nias Barat.

"Ada Pantai Sirombu, Pulau Asu, Pulau Bawa, Hinako, bisa berselancar, ada juga lompat batu. Namun semua itu butuh sentuhan dari pemerintah, dikarenakan infrastruktur menuju lokasi sangat buruk. Sedangkan APBD Kabupaten Nias Barat dan provinsi tidak cukup untuk membangun infrastruktur di sana," ucap Nitema.

Infrastruktur yang tertinggal, menyebabkan investor enggan menanamkan modalnya di sana. Selain itu, daerah ini juga membutuhkan banyak tenaga terlatih untuk belajar berwirausaha.

"Memang di seputaran tempat wisata di Nias Barat sebagian sudah ada penginapan dan rumah makan, tetapi masih belum maksimal. Teknis masak-memasak juga perlu ditingkatkan. Kemudian, masalah jalan atau infrastruktur yang rusak parah menjadi kendala untuk mendatangkan investor. Sudah pernah ada investor yang datang, namun akhirnya mundur karena menganggap akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membangun," tuturnya.

Untuk itu, Ketua DPRD Nias Barat dari Fraksi Demokrat ini mengatakan, butuh dukungan dari pemerintah pusat dan pemerintah provinsi.

"Dengan kerendahan hati, saya memohon kepada pemerintah pusat dan provinsi untuk lebih memperhatikan daerah Kabupaten Nias Barat. Dengan bagusnya infrastruktur, pasti akan mendatangkan investor," ujarnya.[]

Baca juga:

Berita terkait
0
Tujuh Makanan dan Minuman Bikin Otak Bodoh
Makanan dan minuman ternyata mempengaruhi fungsi otak, untuk itu harus bisa memilih makanan yang tepat. Jangan sampai bodoh karenanya.