Jakarta - Pabrikan otomotif asal Jerman, Porsche, membuat kejutan dengan memasang iklan di gedung tertinggi di dunia, yakni Burj Khalifa. Gedung setinggi 828 meter itu menampilkan iklan digital untuk mobil listrik Porsche Taycan.
Dilansir dari laman Carscoops, Rabu, 28 Oktober 2020, untuk memasang iklan tersebut, dibutuhkan sebanyak satu juta lampu LED. Jutaan lampu LED tersebut dipasang pada gedung yang memiliki luas 33.000 meter persegi, sehingga gedung tersebut berubah menjadi layar super raksasa.
Iklan Porsche Taycan tersebut ditampilkan dengan sangat menarik. Iklan tersebut menayangkan cerita perjalanan produksi mobil mewah Porsche dari tahun 1976 hingga sekarang, yang dikemas dalam video singkat. Seluruh mobil legendaris Porsche ditampilkan dalam iklan tersebut, diantaranya Lonner-Porsche, 356, 911, 918 Spyder, 919 Hybrid hingga akhirnya menghadirkan mobil listrik pertama mereka, Porsche Taycan.
Tidak ada informasi mengenai biaya yang dikeluarkan Porsche untuk memasang iklan di Burj Khalifa. Namun menurut agensi marketing Mullen Lowe MENA mengatakan bahwa untuk memasang iklan billboard di Burj Khalifa, pengiklan harus mengeluarkan biaya sekitar 68.073 dolar AS atau sekitar Rp 984 juta. Harga tersebut hanya bisa menampilkan iklan dalam durasi tiga menit saja, sama dengan iklan Porsche Taycan yang memiliki durasi 2 menit 38 detik.
Informasi lain dari Mullen Lowe MENA juga menyebutkan jika ingin memasang iklan di Burj Khalifa dan ditayangkan pada pukul 8 dan 10 malam, pengiklan harus merogoh kocek sebesar 95.285 dolar AS atau sekitar Rp 1,3 miliar. Kemudian untuk iklan yang ditayangkan di waktu prime time (jam 7 malam), pengiklan harus membayar seharga 272.245 dolar AS atau sekitar Rp 3,9 miliar.[]