UNTUK INDONESIA
Ponsel Pixel Keluaran Google Gunakan Android 10
Android 10 akhirnya mendarat di ponsel Pixel. Pembaruan operating system (OS) ini diluncurkan sejak 3 September 2019 lalu.
Google Pixel XL. (Foto: phonearea.com)

Jakarta - Android 10 yang dulu dikenal sebagai Android Q, akhirnya mendarat di ponsel Pixel. Pembaharuan operating system (OS) ini diluncurkan sejak 3 September 2019 lalu.

OS terbaru android ini baru tersedia pada deretan ponsel Pixel yang merupakan smartphone keluaran Google.

Penelusuran Tagar dari laman Phone Arena pada Jumat pagi, 11 Oktober 2019, Android 10 akan hadir lebih dulu di sejumlah smartphone Google Pixel, yakni Pixel 3, Pixel 3XL, Pixel 3a, dan Pixel 3a XL. Kemudian ke Pixel 2 dan Pixel 2 XL.

Google Pixel XLGoogle Pixel XL. (Foto: phonearea.com)

Selain itu, disebut pula bahwa smartphone Pixel generasi pertama, yakni Pixel dan Pixel XL yang dirilis pada 2016 bakal menerima pembaruan Android 10 juga.

Sementara mengutip dari laman Gizmodo, Android 10 memiliki beberapa perubahan yang dapat dinikmati pengguna yakni:

1. Smart Replies

Smart Replies mendapat peningkatan di Android 10. Jika sebelumnya menggunakan untuk memilih pesan yang telah ditentukan, tetapi fitur ini akan mengenali tautan Google Maps, video YouTube, dan URL lain yang tersemat dalam pesan, juga memungkinkan Anda beralih ke aplikasi yang relevan langsung dari pop-up notifikasi.

2. Dark Mode

Dark mode dan mode gelap aplikasi yang akan mengurangi penggunaan baterai dan mengurangi beban mata karena terus melihat layar ponsel. Android 10 sekarang memiliki dark mode yang dapat diaktifkan.

Dark Theme atau mode menarik perhatian lantaran dapat mengubah tampilan antarmuka Android menjadi gelap. Fitur ini dapat diakses melalui satu ketukan dari quick settings di bagian atas dengan tap ikon Dark Theme.

3. Live Caption Video

Salah satu fitur yang mengesankan dari Android 10 adalah Live Caption. Pasalnya, ketika melihat sebuah video secara otomatif akan muncul teks percakapan di dalam video. Teks muncul secara real-time.

Live Caption memungkinkan video di perangkat Android 10 mendukung subtitle. Google menjelaskan bahwa fitur ini dihadirkan untuk pengguna yang memiliki masalah pendengaran serta bagi mereka yang ingin mengecilkan volume audio saat di tempat ramai.

4. Kelola Privasi Anda dengan Lebih Mudah

Android 10 membuat pengaturan privasi pada ponsel anda sejalan dengan apa yang dapat Anda akses melalui laman akun Google anda di web. Jika ingin pergi ke pengaturan lalu ketuk privasi dan tingkat lanjut, Anda akan dapat mengakses opsi kontrol aktivitas, seperti di web.

Ini memungkinkan untuk memilih bagaimana Google melacak Anda, dan jika ingin menggali lebih dalam ke dalam opsi serta dapat mengaktifkan fitur auto-delete new-ish yang akan menghapus trek digital anda setelah 3 atau 18 bulan.

5. Amplifikasi Suara dan Media

Google mencantumkan Sound Amplifier sebagai fitur Android 10, meskipun pada Android 6 dan ke atas tersedia sebagai unduhan terpisah. Fitur ini akan memungkinkan Anda mengurangi kebisingan latar belakang yang mengganggu dan meningkatkan suara-suara yang lebih penting di sekitar Anda.

6. Setel Notifikasi menjadi Hening

Android 10 memperkenalkan cara lain untuk menangani notifikasi yang berlebihan, notifikasi hening. Aplikasi yang memberikan peringatan hening tidak akan menggetarkan perangkat anda atau mengeluarkan suara, dan pemberitahuan ini tidak akan membuat layar smartphone menyala

7. Bagikan Jaringan Wi-Fi dengan Lebih Mudah

Ingin mendapatkan teman, anggota keluarga, atau rekan kerja di rumah atau di kantor? Lebih mudah di Android 10. Dari Jaringan & Internet dan Wi-Fi di Pengaturan.

Cukup ketuk pada jaringan yang saat ini terhubung. Anda akan melihat tombol Bagikan, ketika ditekan, menampilkan kode QR, pihak lain dapat memindai dengan kamera perangkat (Android 10) mereka untuk terhubung. Menariknya lagi, kata sandi wifi tercantum di bawah kode QR.

8. Lihat Kapan Baterai akan Habis

Geser ke bawah dari atas layar pada perangkat Android 10 Anda akan melihat bahwa lambang wifi, penerimaan sel, dan tingkat baterai telah dirancang ulang untuk memberi petunjuk visual yang lebih baik ke level dalam setiap kasus.

Tidak hanya itu, juga akan melihat perkiraan berapa lama baterai akan bertahan, ini sedikit lebih berguna daripada persentase sederhana, tetapi itu hanya perkiraan berdasarkan seberapa intensif menggunakan ponsel.

9. Lebih Mudah Berbagi

Panel Share telah dirubah pada Android 10. Selain membuka lebih cepat berkat beberapa tweak rekayasa, itu juga diatur secara lebih cerdas untuk mempromosikan orang-orang dan aplikasi yang anda bagikan paling sering. 

Selain itu, juga akan dapat melihat apa yang sebenarnya Anda bagikan di bagian atas percakapan, jadi jika itu adalah gambar (misalnya), Android 10 akan menampilkan thumbnail kecil di samping berbagai opsi berbagi.

10. Ubah Pengaturan Penghemat Baterai

Anda juga mendapatkan kontrol lebih besar atas pengaturan penghemat baterai. Sekarang Anda memiliki lebih banyak pilihan soal kapan mulai membatasi penggunaan daya perangkat dari aplikasi.

Berita terkait
Spesifikasi GoPro Hero 8 dan GoPro Max
Kedua kamera ini merupakan versi terbaru dari jajaran GoPro.
Harga dan Spesifikasi Realme 5 Pro
Realme resmi meluncurkan produk terbarunya Realme 5 Pro di Indonesia beberapa bulan setelah rilis di India.
Harga dan Spesifikasi Lengkap Huawei Mate 30 Pro
Huawei telah resmi merilis produk terbarunya Huawei Mate 30 Pro pada Kamis, 19 September 2019, di Munich, Jerman.
0
Ambisi PSS Sleman Lepaskan Momok Laga Kandang
PSS Sleman ingin lepas momok sulit menang di laga kandang saat menjamu Kalteng Putra di Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Jumat 18 Oktober 2019.