Polisi Ungkap Modus Emak-emak Gelapkan 50 Mobil Rental

Polda Metro Jaya membekuk seorang wanita dan 3 orang komplotannya yang telah menggelapkan 50 unit mobil.
Tiga pelaku penggelapan 50 mobil rental, diotaki seorang wanita dan 3 anak buahnya.(Foto:Tagar/SP/Jaka)

Jakarta - Polda Metro Jaya membekuk seorang wanita berinisal MS dan tiga anak buahnya T, MZI, dan MLU yang diduga melakukan penipuan dan penggelapan mobil rental dan mobil kredit. Setidaknya mereka telah menjual 50 unit mobil kepada sejumlah orang dengan beberapa modus.

Kendaraanya yang dijual kepada orang-orang dengan harga memang murah tetapi. Janji para tersangka kepada pembeli menyerahkan kendaran dan STNK kemudian BPKB menyusul.

"Ini sekitar 30 unit kendaraan roda empat, tapi diperkirakan ada sekitar 20 unit lagi. Pelaku empat orang. Aktor utamanya adalah seorang wanita. Modus yang dia lakukan ada beberapa modus," tutur Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus berdasarkan keterangan resmi yang dikutip Tagar, Rabu, 24 Mei 2021.

Yusri Yunus menjelaskan, ada dua cara atau modus yang dilakukan oleh MS dan ketiga anak buahnya dalam menggelapkan 50 mobil. Pertama dengan meminjam mobil kepada pengusaha rental yang disewanya dalam jangka waktu sekitar satu bulan dengan harga yang bervariatif, terakhir sebesar Rp6 juta.

Kombes Pol Yusri YunusKabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus. (Foto: Tagar/PMJNews)

"Itu untuk mobil Toyota Etios. Setelah disewa, dalam kurun waktu ditangannya itu sudah dijual oleh yang bersangkutan," ungkap Yusri Yunus.

Modus selanjutnya adalah mobil yang masih dalam proses kredit oleh leasing kemudian dijual oleh para tersangka kepada orang lain.

Kabid Humas Polda Metro Jaya menerangkan, untuk kedua modus itu, para tersangka biasanya memberi tahu kepada pembeli akan memberi BPKB dan surat surat lainnya belakangan.

"Kendaraanya yang dijual kepada orang-orang dengan harga memang murah tetapi. Janji para tersangka kepada pembeli menyerahkan kendaran dan STNK kemudian BPKB menyusul," tegas Yusri Yunus. []

Berita terkait
Polri: Insiden Kerumunan Suporter Jangan Terulang di Liga 1
Asisten Operasi Kapolri, Irjen Pol. Imam Sugianto, memberi sinyal pihaknya mendukung bergulirnya Liga 1 dan Liga 2 musim ini.
Polri Rilis Telegram Soal Sosialisasi Pelat Kendaraan Khusus DPR
Pelat nomor ini, memiliki ciri logo DPR RI dengan bentuk persegi panjang dan berwarna dasar hitam pada kolom nomor.
Kapolri dan Panglima TNI Luncurkan Hotline 110 Pelayanan Masyarakat
Kapolri Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menghadiri launching layanan polisi 110 Pelayanan Masyarakat.
0
PM Johnson MenDesak Negara G7 Sepakat Soal Paspor Covid-19
Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, ingin KTT G7 yang akan datang, menyepakati perjanjian mengenai paspor vaksinasi Covid-19