UNTUK INDONESIA
Polisi Kejar Pengibar Bendera Logo PKI di Unhas
Kepolisian dari Polrestabes Makassar terus melakukan penyelidikan untuk menangkap pelaku pengibar bendera merah putih bergambar Palu Arit di Unhas.
Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Ibrahim Tompo saat diwawancarai wartawan. (Foto: Dok Tagar/Lodi Aprianto)

Makassar - Jajaran kepolisian dari Polrestabes Makassar terus melakukan penyelidikan untuk menangkap pelaku pengibar bendera merah putih bergambar Palu Arit mirip lambang Partai Komunis Indonesia (PKI) di area Kampus Universitas Hasanuddin (Unhas), Jalan Perintis Kemerdekaan, kelurahan Tamalanrea Indah, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar, Sulsel.

Ditangani Polrestabes Makassar dan kasusnya masih diselidiki.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, pihaknya terus mendalami dan mencari pelaku pengibar bendera berlogo partai terlarang (Palu Arit) di kampus Unhas.

"Ditangani Polrestabes Makassar dan kasusnya masih diselidiki," kata Ibrahim saat dikonfirmasi Tagar, Rabu 27 Mei 2020.

Ibrahim tompo menerangkan, selain mencari pelaku pengibar bendera itu, polisi juga tengah fokus mendalami motif pengibaran bendera. Apakah, pengibaran bendera logo PKI bentuk provokasi ataukah pengibaran dalam rangka memperingati hari ulang tahun PKI yang jatuh setiap tanggal 23 Mei.

"Selain cari pelaku, semua materinya juga sedang didalami," singkatnya.

Berkibarnya bendera merah putih berlogo PKI ini juga membuat pengamat intelijen dan keamanan, Stanislaus Riyanta angkat bicara. Ia mempertanyakan kemampuan pihak keamanan yang belum bisa mengendus atau mengungkap siapa pemilik bendera, kaos, serta stiker yang berlogo palu arit yang belakangan terlihat di beberapa daerah di Indonesia, termasuk di Kota Makassar, Sulsel.

"Segala bentuk provokasi atau eksistensi seperti kasus di Unhas harus ditindak tegas. Ini menjadi tugas aparat keamanan mengungkap dari mana atribut tersebut, karena jika tidak diungkap siapa pemilik atribut tersebut bisa menjadi sia-sia," ujar Stanislaus Riyanta saat dihubungi Tagar.

Sebelumnya, keamanan Kampus Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, menemukan bendera merah putih yang digambari palut arit yang merupakan lambang dari Partai Komunis Indonesia (PKI), saat patroli di area kampus Unhas pada Senin, 11 April 2020, lalu.

Kendati demikian, kampus Unhas tidak ada aktivitas perkuliahan, lantaran diliburkan akibat dampak penyebarang Covid-19. []

Baca juga:

Berita terkait
PA 212 Tuding Anak Cucu Sengaja Dibina Bangkitkan PKI
Novel Bamukmin PA 212 mengatakan meskipun PKI sudah lama dibubarkan, kini keturunan kelompok itu masih ada di DPR dan tumbuh besar di Tanah Air.
Novel Bamukmin: Umat Islam Siap Sweeping PKI
Ketua Media Center PA 212 Novel Bamukmin menyatakan umat Islam sudah siaga 1 dan siap sweeping atribut Partai Komunis Indonesia atau PKI.
2 Motif di Balik Ucapan Ulang Tahun PKI ke-100
Pengamat intelijen menyebut ada dua motif terkait ucapan selamat ulang tahun Partai Komunis Indonesia (PKI) yang ke-100 beberapa hari yang lalu.
0
Polisi Kejar Pengibar Bendera Logo PKI di Unhas
Kepolisian dari Polrestabes Makassar terus melakukan penyelidikan untuk menangkap pelaku pengibar bendera merah putih bergambar Palu Arit di Unhas.