UNTUK INDONESIA

Polisi Harus Usut Tuntas Penggeruduk Rumah Ibu Mahfud MD

Anggota DPR RI Marwan Jafar meminta kepolisian usut para demonstran yang berteriak-teriak di depan rumah ibu Mahfud MD di Pamekasan. Bisa dipenjara
Bakal Calon Gubernur Jawa Tengah yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Marwan Jafar. (Foto: Ist)

Jakarta - Anggota DPR RI Marwan Jafar meminta aparat keamanan mengusut tuntas ratusan orang yang menggeruduk rumah orang tua Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD. Menurut anggota Komisi VI ini, perbuatan itu jelas pelanggaran hukum. “Mereka bisa dipidana,” kata Marwan, Rabu, 3 Desember 2020. Ia menunjuk dasar hukumnya, Pasal 167 ayat 1 KUHP juncto Pasal 389 KUHP dan juncto Pasal 551 KUHP dengan hukuman penjara 9 bulan atau 2 tahun 8 bulan penjara atau hukuman denda.

Selasa, 1 Desember 2020 ratusan orang mengatasnamakan “Umat Islam Pamekasan” berdemo di depan rumah orang tua Mahfud MD di Pamekasan. Mereka berterik teriak dan ada meminta Mahfud keluar. Tindakan para pengunjuk rasa itu menimbulkan reaksi keras di kalangan warga Pamekasan sendiri. Mahfud sendiri menyesalkan ulah pengunjuk rasa yang berdemontrasi di depan tempat tinggal ibunya.

Marwan mendesak aparat kepolisian secara profesional mengusut kasus ini. "Sudah selayaknya kita menjaga keharmonisan dan kerukunan kita semua,” kata Marwan. Menurut dia di tengah warga masyarakat bangsa dilanda Pandemi Covid-19 dan belum tahu kapan badai wabah berakhir serta sudah menggoyahkan sendi-sendi perekonomian dan kesehatan, kita semua wajib merasa prihatin. “Kita mesti mengedepankan perilaku yang sopan-santun, bertoleransi, tidak memaksakan kehendak, serta tidak bersikap anarkis dan tidak destruktif,” tambahnya.

Marwan memuji dan menyatakan apresiasi terhadap Pimpinan Cabang Pemuda Ansor Pamekasan dan Pimpinan Pusat GP Ansoŕ yang berinisiatif melalui Banser atau Barisan Ansor Serbaguna membantu aparat berwenang untuk menjaga rumah ibu Mahfud MD. "Kita berterima kasih pada Banser, apalagi memang Mahfud MD dikenal salah satu tokoh Nahdlatul Ulama,” ujarnya. []

Berita terkait
Polisi Jaga Rumah Mahfud MD di Pamekasan
Polda Jawa Timur backup kepolisian Resort Pamekasan untuk menjaga rumah orang tua Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD.
Kronologi Rumah Mahfud MD di Pamekasan Didatangi Massa
Menko Polhukam Mahfud MD merespon terkait rumahnya yang ditinggali ibunya di Pamekasan didatangi sejumlah orang.
Mahfud Md Sesalkan Rizieq Shihab Enggan Laporkan Tes Swab
Mahfud Md menyesalkan sikap dari Habib Rizieq Shihab yang menolak untuk memberikan hasil tes swab untuk penelusuran kontak Covid-19.
0
Polisi Harus Usut Tuntas Penggeruduk Rumah Ibu Mahfud MD
Anggota DPR RI Marwan Jafar meminta kepolisian usut para demonstran yang berteriak-teriak di depan rumah ibu Mahfud MD di Pamekasan. Bisa dipenjara