UNTUK INDONESIA
Polemik Sinetron Dari Jendela SMP, KPI Temui SCTV
Penayangan sinetron Dari Jendela SMP di SCTV sempat menjadi polemik lantaran diduga bakal menampilkan kisah kehamilan di luar pernikahan.
Para pemain melakukan swafoto disela-sela syuting. (Foto: Instagram/@darijendelasmp)

Jakarta - Penayangan sinetron Dari Jendela SMP yang diadaptasi dari cerita novel karya Mira W di sebuah stasiun televisi swasta nasional masih jadi perdebatan publik. Sejumlah warganet menilai, cerita novel terlalu vulgar dan tidak pantas diangkat ke layar kaca lantaran terdapat kisah kehamilan di luar pernikahan pada seorang gadis belia.

Menanggapi hal itu, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) pun menggelar pertemuan dengan perwakilan SCTV selaku stasiun yang menayangkan sinetron tersebut, guna mendapatkan keterangan lengkap tentang sinetron Dari Jendela SMP yang sempat diributkan oleh warganet.

Tepat setelah menerima perwakilan SCTV di kantornya, Koordinator bidang Pengawasan Isi Siaran KPI Mimah Susanti mengatakan, penayangan sinetron adaptasi dari novel yang sudah dikenal luas oleh publik harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian.

"Hal ini dikarenakan adanya persepsi publik yang lebih dahulu terbangun, bahkan sebelum sinetron tersebut tayang di televisi," kata Mimah Susanti usai bertemu perwakilan SCTV, dikutip Tagar dari laman resmi KPI pada Selasa, 30 Juni 2020.

Dari Jendela SMPPara pemain melakukan latihan disela-sela break syuting. (Foto: Instagram/@darijendelasmp)

Sementara dalam pertemuan tersebut, Deputi Direktur Program SCTV David Suwarto memastikan alur cerita sinetron Dari Jendela SMP telah disesuaikan sedemikian rupa dari cerita asli versi novel. Ia juga menegaskan tidak ada cerita kehamilan di usia sekolah sebagaimana yang ramai diperbincangkan warganet di media sosial.

"Meskipun adaptasi dari novel, namun tetap ada perbedaan jalan cerita," kata David.

Menurut David, secara umum cerita dalam sinetron yang merupakan drama keluarga ini justru memiliki tujuan untuk memberikan peringatan kepada orang tua, tentang pentingnya pendidikan seksual untuk remaja. Ia juga menjelaskan bahwa sinetron ini akan disiarkan di luar jam tayang dengan klasifikasi anak (A).

Sinetron Dari Jendela SMP sendiri telah tayang perdana di stasiun SCTV pada Senin sore, 29 Juni 2020 pukul 18.25 WIB. Plot cerita dalam drama ini diangkat dari novel berjudul sama karya Mira W yang populer 37 tahun silam.

Baca juga: Sinetron Dari Jendela SMP Jadi Sorotan Khusus KPI

Sinetron Dari Jendela SMP disutradarai oleh Indrayanto Kurniawan, dan didukung deretan bintang muda yang berperan sebagai tokoh utama cerita, antara lain Sandrinna Michelle, Rey Bong, Emiliano Fernando Cortizo, Keisha Alvaro, Saskia Chadwick, dan lain-lain. []

Berita terkait
Dari Jendela SMP, Sinetron Adaptasi Novel Mira W
Stasiun televisi SCTV menayangkan sinetron terbaru berjudul Dari Jendela SMP yang diadaptasi dari novel karya Mira W
Film Train to Busan 2: Peninsula Tayang 15 Juli 2020
Rumah produksi Next Entertainment World dan Well Go USA Entertainment merilis tanggal resmi peluncuran film Train to Busan 2: Peninsula.
BMKG dan KPI Minta Media Respon Cepat Info Bencana
BMKG dan KPI memperingatkan kepada seluruh lembaga penyiaran termasuk media televisi dan radio untuk lebih tanggap merespons informasi bencana.
0
Bansos di Jawa Barat Telur Diganti dengan Susu
Tahap dua Bansor di Jabar ada perubahan bahan pokok yang akan disalurkan, yaitu telur diganti susu dan ditambah dengan masker