UNTUK INDONESIA
Poin Desakan Aliansi Pekerja BUMN pada Erick Thohir
Aliansi Pekerja BUMN Bergerak mengatakan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir punya semangat bersih-bersih BUMN.
Menteri BUMN Erick Thohir penuhi panggilan Komisi VI rapat terkait Jiwasraya. (Foto: Tagar/Fernandho)

Jakarta - Aliansi Pekerja BUMN Bergerak mengatakan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir punya semangat bersih-bersih BUMN. Untuk itu, mereka menuntut Erick agar tak tebang pilih membersihkan tubuh perseroan pelat merah, termasuk menelisik jajaran direksi yang menyalahgunakan wewenang dan jabatan mereka.

"Mengganti seluruh direksi dan anak cucu perusahaan yang melanggar peraturan perundang-undangan, yang melanggar PHK sepihak, yang melakukan mutasi kepada karyawan tanpa proses perundingan," ucap Koordinator Aliansi Pekerja BUMN Bergerak Mirah Sumirat di Jakarta, Kamis, 27 Februari 2020 seperti dilansir dari Antara.

Aliansi Pekerja BUMNMassa aksi menggelar doa bersama sebelum membubarkan diri dan mengakhiri demonstrasi di Kementerian BUMN, Jakarta pada Kamis, 27 Februari 2020. (Foto: Antara/Aji Cakti)

Selain itu, Sumirat menuntut pelibatan pihak pekerja BUMN, ketika Erick memutuskan untuk mengganti jajaran direksi. "Ketika dia [Menteri BUMN] mengganti direksi tersebut, kami minta serikat pekerja dilibatkan," ujarnya.

Ratusan demonstran dari Aliansi Pekerja BUMN, SPPI, PPMI Perum Peruri, Serikat Karyawan PT Pos Indonesia BUMN dan anak perusahaan BUMN menggelar aksi unjuk rasa di Kantor Menteri BUMN, Kamis, 27 Februari 2020.

Aksi digelar oleh "Aliansi Pekerja BUMN Bergerak" untuk mendesak Menteri BUMN, Erick Thohir segera melakukan bersih-bersih di semua BUMN, termasuk anak usahanya.

Mirah Sumirat yang juga Presiden Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia menuturkan unjuk rasa dilakukan karena ada beberapa kasus yang terjadi di BUMN yang sangat perlu mendapat perhatian Menteri BUMN. []

Berita terkait
Erick Thohir Sebut Sub Holding BUMN Cegah Korupsi
Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan akan meniadakan teori super holding dan memilih membuat kluster atau sub holding pada 142 BUMN.
Kerja Sama BUMN dan Swasta, Erick: Jangan Diakali
Menteri BUMN Erick Thohir mempersilakan BUMN bekerja sama dengan perusahaan swasta. Tapi, dengan syarat tidak ada akal-akalan pihak swasta.
Usai Mapping, Erick Thohir Bagi BUMN Jadi 15 Klaster
Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan akan membagi perseroan pelat merah dalam negeri menjadi 15 sub holding seusai melakukan pemetaan.
0
Dilaporkan ke KPK, Kabaharkam: Tanya Saja ke Bupati
Komjen Agus Andrianto menepis laporan dugaan gratifikasi yang diterimanya saat menjabat Kepala Polisi Daerah Sumatera Utara. Dia dilaporkan ke KPK.