UNTUK INDONESIA
Pohon Tumbang Sempat Hambat Jalan Padang-Pessel
Pohon tumbang di jalan utama Padang-Pesisir Selatan sempat menghambat lalu lintas.
Petugas BPBD Kota Padang mengevakuasi dan memotong patahan pohon tumbang yang terjadi di kawasan Bukit Lampu, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang, Kamis, 27 Juli 2020. (Foto: Tagar/Dok. BPBD Kota Padang)

Padang - Sebatang pohon berukuran besar tumbang di kawasan Bukit Lampu, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang, Sumatera Barat, Kamis, 27 Juli 2020 sekitar pukul 13.40 WIB.

Kendalanya karena arus lalu lintas sempat sedikit tersendat karena harus pohon tumbang memakan separuh badan jalan.

Akibatnya, aktivitas lalu lintas di jalur utama Padang-Pesisir Selatan (Pessel) sempat terhambat sekitar 1 jam lebih. Informasinya, pohon yang tumbang diketahui berjenis Sigalapuk dengan panjang 12 meter dan diameter 55 sentimeter.

"Pohon tumbang karena pangkal dahannya patah. Kami dapat informasi itu dari masyarakat setempat," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Padang, Sutan Hendra kepada Tagar, Kamis, 27 Juli 2020.

Pihaknya membutuhkan waktu hingga satu jam lebih untuk mengevakuasi pohon yang berada di kawasan perbukitan tersebut. Meski demikian, peristiwa tersebut tidak menelan korban jiwa.

"Kendalanya karena arus lalu lintas sempat sedikit tersendat karena harus pohon tumbang memakan separuh badan jalan. Saat kejadian tidak ada kendaraan yang melintas," katanya.

Dia mengimbau para pengendara selalu memperhatikan kondisi perbukitan di jalur utama Padang-Pessel itu. "Pohon tumbang tidak hanya terjadi saat hujan. Dalam kondisi kemarau seperti ini bisa saja, penyebabnya karena hembusan angin yang kencang dan dari pohon itu sendiri yang sudah lapuk, berhati-hati saja," tuturnya. []



Berita terkait
Pemain Semen Padang Ikuti TC Timnas U-19 di Kroasia
Pemain muda Semen Padang Muhammad Fadhil Adhitya Aksah akan mengikuti pelatnas lanjutan timnas U-19 di Kroasia. Ini prestasi membanggakan SPFC.
Minibus Dokter Tabrak Pembatas Jalan Padang Panjang
Minibus yang dikendarai seorang dokter terbalik di kawasan Jalan Kota Padang Panjang.
Nasib Remaja Jadi Budak Seks Ayah di Padang
Seorang remaja di Kota Padang diduga menjadi korban kejahatan seks ayah kandung.
0
Tim Olimpiade SMA Kesatuan Bangsa Yogyakarta Dapat 5 Medali
Mewakili Yogyakarta, Tim Olimpiade SMA Kesatuan Bangsa sukses membawa pulang lima medali di ajang Kompetisi Sains Nasional tahun 2020.