PM Kanada Kecam Perusakan Gereja dan Patung Bersejarah

PM Trudeau kecam pembakaran dan perusakan gereja-gereja Katolik, setelah ditemukan kuburan tak bertanda dan bekas sekolah untuk anak-anak pribumi
Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, di KTT Uni Eropa-Kanada di Gedung Dewan Eropa di Brussels, 14 Juni 2021 (Foto: voaindonesia.com - Stephanie Lecocq via AP)

Jakarta – Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, mengecam pembakaran dan perusakan gereja-gereja Katolik, setelah ditemukan kuburan tak bertanda dan bekas sekolah untuk anak-anak pribumi.

Beberapa gereja Katolik baru-baru ini dirusak atau dibakar menyusul ditemukannya lebih dari 1.100 kuburan tak bertanda di lokasi bekas tiga sekolah yang dikelola oleh gereja di British Columbia dan Saskatchewan. Generasi anak-anak pribumi pada waktu itu dipaksa untuk bersekolah.

Sepatu anak-anak diletakkanSepatu anak-anak diletakkan di depan Gedung Parlemen, di Ottawa, Ontario, Kanada, 31 Mei 2021, sebagai pengakuan atas penemuan kerangka anak-anak suku asli dari puluhan tahun di sebuah sekolah asrama di Kamloops, British Columbia (Foto: voaindonesia.com - Adrian Wyld /The Canadian Press via AP)

Negara itu juga mengalami serangkaian serangan pada hari Kamis, 1 Juli 2021, hari Kanada ketika patung-patung Ratu Victoria, Ratu Elizabeth dan tokoh-tokoh sejarah lainnya dirusak.

Trudeau, yang juga seorang Katolik mengatakan, ia memahami kemarahan yang dirasakan banyak orang terhadap pemerintah federal dan gereja Katolik.

Pemerintah memintakan maaf sekolah-sekolah tersebut dan juga meminta kepada Paus Fransiskus untuk memintakan maaf secara resmi.

Warga berkumpul di lokasiWarga berkumpul di lokasi di mana seorang pria yang mengendarai truk dengan sengaja menabrak satu keluarga Muslim, di Kota London, Ontario, Kanada, 7 Juni 2021 (Foto: voaindonesia.com/Reuters)

"Ini nyata dan sepenuhnya dimengerti mengingat sejarah memalukan yang menyadarkan kita semua," katanya dalam konferensi pers.

Patung Ratu Victoria dan Ratu Elizabeth di halaman badan legislatif Manitoba pada hari Kamis, 1 Juli 2021, diikat dengan tali dan ditarik oleh massa (ps/ah)/voaindonesia.com. []

Berita terkait
Pria Kanada Serang Keluarga Muslim Didakwa Terorisme
Lakukan serangan dengan truk terhadap keluarga Muslim, seorang pria Kanada didakwa terorisme selain dakwaan pembunuhan
Ditemukan 215 Kerangka Anak-anak Penduduk Asli di Kanada
PM Kanada sebut penemuan lebih dari 200 kerangka anak-anak yang dikubur di bekas sekolah asrama penduduk asli bukan insiden terpisah
Perempuan Afghanistan yang Ditembak Suami Bicara di Kanada
Perempuan Afghanistan yang ditembak wajahnya oleh suaminya bicara di hadapan publik di Kanada mengajak dunia memerangi KDRT
0
PM Kanada Kecam Perusakan Gereja dan Patung Bersejarah
PM Trudeau kecam pembakaran dan perusakan gereja-gereja Katolik, setelah ditemukan kuburan tak bertanda dan bekas sekolah untuk anak-anak pribumi