PLN Gelontorkan Rp 313 Miliar untuk Dukung PON XX Papua

Selama PON XX Papua berlangsung PLN akan menyiagakan 1.574 personel untuk 45 lokasi pertandingan dan 230 lokasi strategis lainnya.
Direktur Manajemen Sumber Daya Manusia PLN, Syofvi Felienty Roekman (kanan) dan Ketua Harian PB PON, Yunus Wonda (kiri) saat melakukan penandatanganan perjanjian sponsorship penyelenggaraan PON XX Papua. (Foto: Tagar/PLN)

Jakarta - Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengucurkan dana Rp 313 miliar untuk mendukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang digelar pada 2-15 Oktober mendatang.

Direktur Manajemen Sumber Daya Manusia Syofvi F. Roekman menjelaskan, sebagian besar dana tersebut dialokasikan untuk membangun infrastruktur kelistrikan di Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Kabupaten Merauke dan Kabupaten Mimika yang menjadi lokasi penyelenggaraan PON serta mendukung kegiatan pembukaan PON.


Sejak lama PLN selaku mendukung pelaksanaan PON di Papua ini terutama kebutuhan listrik di penginapan dan semua tempat yang mendukung pelaksanaan PON.


"Dari awal PLN berkomitmen untuk mendukung pelaksanaan PON di Papua ini. Ini adalah perhelatan nasional. Keberhasilan penyelenggaraan PON ada keberhasilan bangsa," ucap Syofvie saat mengunjungi Stadion Lukas Enembe di Papua, Selasa, 14 September 2021.

Syofvi pun menjamin keandalan pasokan listrik di seluruh venue dan fasilitas pendukung ajang olahraga yang digelar empat tahun sekali tersebut. Dari total daya mampu listrik mencapai 228,2 megawatt (MW), diproyeksikan beban puncak saat penyelenggaraan PON mencapai 153,5 MW. Sehingga ada cadangan daya sekitar 74,7 MW.

Selain suplai pembangkit, lanjut Syofvi, PLN telah melakukan beberapa pembangunan dan perkuatan, antara lain pembangunan Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM), Saluran Kabel Tegangan Menengah (SKTM), Jaringan Tegangan Rendah (JTR), Gardu Hubung, Gardu Distribusi, dan yang lainnya.

Guna mengamankan kelistrikan saat berlangsungnya PON XX Papua, PLN juga menyiapkan 129 unit mobile genset kapasitas 100 kW, 200 kW, 500 kW hingga 1000 kW.

Selain itu, 55 Unit Gardu Berjalan (UGB), 45 unit Uninterruptible Power Supply (UPS) Mobile, 7 unit Unit Kabel Bergerak (UKB) dan 4 Unit Kabel dan Kubikel Bergerak (UKKB) juga disiapkan.

Di sisi lain, selama periode siaga, 18 September-15 Oktober 2021 PLN akan menyiagakan 1.574 personel di 45 lokasi pertandingan dan 230 lokasi strategis lain seperti kantor VIP, penginapan, rumah sakit, command center dan yang lainnya juga hampir rampung.

Ketua Harian Panitia Besar PON (PB PON), Yunus Wonda, menyapaikan bahwa peran PLN sangat besar untuk memastikan pasokan dan keandalan listrik pelaksanaan PON.

"Sejak lama PLN selaku mendukung pelaksanaan PON di Papua ini, terutama kebutuhan listrik di penginapan dan semua tempat yang mendukung pelaksanaan PON. Kami sangat berterima kasih kepada PLN," ucap Yunus. []

Berita terkait
Siap Amankan Kelistrikan PON XX Papua, PLN Vaksinasi Petugas
PLN berkomitmen mendukung kesuksesan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 dan melakukan vaksinasi kepada seluruh pekerja.
Pekerja PLN Jalani Vaksinasi, Kejar Projek Strategis PLTA
PLN terus berkomitmen mendukung penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia dan memberikan perlindungan kesehatan bagi pekerjanya dengan vaksinasi.
PLN Selesaikan Sertifikat Aset di 4 Provinsi Sumatera
Agenda pengamanan aset tanah untuk kelistrikan PLN kali ini berlanjut di provinsi Riau, Jambi, Bengkulu dan Sumatera Barat
0
PLN Gelontorkan Rp 313 Miliar untuk Dukung PON XX Papua
Selama PON XX Papua berlangsung PLN akan menyiagakan 1.574 personel untuk 45 lokasi pertandingan dan 230 lokasi strategis lainnya.