UNTUK INDONESIA
PIN Emas untuk Wakil Rakyat Sulsel Bakal Dibatalkan
Dianggap tak penting, pin emas untuk baju wakil rakyat DPRD Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) bakal dibatalkan. Ini alasannya.
Pin DPRD Sulsel. (Foto: Antara)

Makassar - Aksesoris berupa PIN emas seberat 10 gram berlambang Phinisi dan perangkat pakaian dinas anggota DPRD Sulawesi Selatan (Sulsel) direkomendasikan untuk dibatalkan. Rekomendasi pembatalan dilakukan setelah internal DPRD mengkaji ulang manfaat dan fungsi dari seluruh perangkat yang bakal digunakan anggota dewan periode 2019-2024 itu.

“Untuk pin emas phinisi itu kita rekomendasikan dibatalkan saja,” ujar Ketua DPRD Sulsel, Mohammad Roem, Jumat, 12 Juli 2019.

Hasil pertimbangan dalam kajian internal itu, PIN emas dianggap tidak penting dan tidak perlu. “Kalau tidak jelas ya dibatalkan saja, cukup PIN DPRD saja. Saya tidak rekomendasikan pengadaannya,” kata Roem.

Roem bahkan menegaskan, merek-merek atau brand ternama seperti Armani untuk pakaian anggota dewan, bukanlah merek yang sebenarnya.

Selanjutnya, setelah direkomendasikan pembatalan untuk PIN emas Phinisi, hasilnya bakal diserahkan ke pihak Sekretariat Dewan DPRD Sulsel untuk ditindak lanjuti.

Merujuk dalam Pagu Anggaran DPRD Sulsel, biaya untuk emas 10 gram bagi anggota dewan sebesar Rp Rp 637 juta. Sementara untuk emas lima gram totalnya senilai Rp 318 juta, dan emas tiga gram totalnya senilai Rp 191 juta.

Anggaran belanja untuk pakaian dan pin emas untuk 85 anggota DPRD Sulsel periode 2019-2024 senilai Rp 2,45 miliar. Anggaran ini terdiri dari Pakaian Dinas Harian (PDH), Pakaian Sipil Harian (PSH), Pakaian Sipil Resmi (PSR), serta Pakaian Sipil Lengkap (PSL) dilengkapi atribut PIN emas.

Rincian lanjutan, Pakaian Sipil Harian (PSH) dianggarkan sebesar Rp 467,5 juta, dengan spesifikasi wool setara Hermes atau persatuan dihargai Rp 2,7 juta. Tiap anggota dewan akan mendapatkan dua PSH. Sementara itu, untuk PDH dengan jenis bahan Wool atau setara dengan bahan merek Giorgio Armani dihargai Rp 2,2 juta per satuannya.

Termahal di antaranya adalah, PSL untuk wakil rakyat ini dengan bahan Wool atau setara merek Gucci yang dihargai Rp 4,9 juta per satuannya. []

Artikel lainnya:

Berita terkait
0
Nagita Slavina Beli Melon Jepang Seharga Rp 1 Juta
Video berisi momen Nagita Slavina membeli buah Melon seharga Rp 1 juta telah ditonton lebih dari 1 juta kali.