UNTUK INDONESIA
Persyaratan untuk Turis yang Masuk Dubai Saat Corona
Dubai siap menyambut kembali turis/wisatawan yang ingin berkunjung mulai 7 Juli mendatang dengan serangkaian aturan pencegahan penyebaran Covid-19.
Burj Al Arab, Dubai. (Foto: Instagram/burjalarab)

Jakarta - Dubai yang terkenal dengan sejumlah resor mewah, pusat perbelanjaan desainer, pantai-pantai indah, dan arsitektur futuristik sedang bersiap untuk kembali menyambut Turis atau wisatawan pada Juli 2020. Selama pandemi Corona atau Covid-19 ini ada beberapa syarat yang harus dipenuhi seluruh turis ketika ingin memasuki wilayah negara tersebut.

Wisatawan asing bisa kembali ke Dubai pada 7 Juli, sedangkan yang memiliki visa tinggal diizinkan masuk sejak 22 Juni dengan harapan baru untuk membangkitkan kembali pariwisata yang sebelumnya ditutup akibat pandemi virus Corona atau Covid-19.

Jika wisatawan ingin mengunjungi Dubai harus memiliki asuransi kesehatan internasional yang mencakup Covid-19 dan menunjukkan dokumentasi kesehatan dengan menyatakan bahwa mereka baru-baru ini dites dan hasilnya negatif dari virus Corona atau akan menjalani tes di bandara pada saat kedatangannya. Sementara warga Dubai juga sudah diizinkan untuk melakukan perjalanan ke luar negeri mulai 23 Juni.

"Pengumuman baru akan memungkinkan ribuan orang yang terkena dampak pembatasan penerbangan di seluruh dunia sejak awal pandemi untuk melanjutkan rencana perjalanan mereka," kata kantor media pemerintah Dubai seperti dikutip Lonely Planet.

Para pengunjung pantai harus menjaga jarak dua meter antara satu sama lain.

Maskapai penerbangan milik Dubai, Emirates, telah menerapkan protokol kesehatan dan keselamatan sebelum dibuka kembali perbatasan termasuk paket kebersihan gratis untuk penumpang yang berisi masker, sarung tangan, pembersih tangan, dan tisu antibakteri untuk mengurangi penyebaran Covid-19. 

Pada awal bulan April, maskapai ini menjadi yang pertama di dunia yang melakukan pengujian cepat Covid-19 sebelum penerbangan untuk penumpang dan mulai meningkatkan aturan penyemprotan disinfektan di setiap penerbangan.

Dubai memang sudah memberlakukan beberapa pembatasan penguncian (lockdown) ketat untuk pengunjung saat wabah virus Corona mulai merebak, yaitu dengan membatalkan visa turis dan penerbangan penumpang pada 25 Maret lalu. Namun, dalam beberapa pekan terakhir saat pembatasan mulai mereda, pusat perbelanjaan dan sejumlah penerbangan telah dibuka kembali.

Pantai-pantai juga sudah siap menyambut wisatawan untuk berjemur dengan aturan tetap menjaga jarak sosial. "Para pengunjung pantai harus menjaga jarak dua meter antara satu sama lain. Begitu pula dengan tempat berjemurnya, sementara harus ada jarak empat meter di antara dua kelompok orang termasuk tempat berjemurnya," kata Departemen Pariwisata Dubai. []

Baca Juga:

Berita terkait
Belgia Dorong Pariwisata Domestik Usai Corona Mereda
Pemerintah Belgia mengumumkan akan membuat serangkaian langkah untuk mendorong pariwisata domestiknya kembali usai kasus Corona menurun.
Turis di Kamboja Wajib Bayar Deposit Tes Covid-19
Wisatawan diharuskan membayar uang deposit untuk biaya layanan Covid-19. Langkah ini diambil untuk menjaga agar virus tidak berlanjut di Kamboja.
Maskapai AS Beri Sanksi Penumpang Tak Pakai Masker
Maskapai penerbangan AS memiliki konsekuensi bagi penumpang yang tidak menggunakan masker. Ini sebagai upaya mengurangi penyebaran Covid-19.
0
Tujuh Petugas Medis Maros Masih Jalani Isolasi Mandiri
Tujuh tenaga medis di Kabupaten Maros Sulsel yang sebelumnya terpapar Covid-19 saat ini masih menjalani isolasi mandiri.