UNTUK INDONESIA
Persib Turunkan Amunisi Baru Lawan PSS
Persib Bandung akan menurunkan tiga pemain anyar saat menghadapi PSS Sleman di pertandingan Liga 1 2019, Jumat 30 Agustus 2019.
Persib Bandung menurunkan tiga pemain anyar saat menghadapi PSS Sleman di pertandingan Liga 1 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jumat 30 Agustus 2019. Salah satunya Kevin Van Kippersluis yang berduet dengan Ezechiel Ndouasel (kanan). (Foto: ANTARA/M Agung Rajasa)

Jakarta - Persib Bandung sudah mendatangkan tiga pemain asing anyar yang diharapkan membuat tim kembali solid. Bahkan ketiganya, Omid Nazari (Iran) dan duo Belanda Kevin Van Kippersluis serta Nick Kuipers, sudah bisa diturunkan saat menghadapi PSS Sleman dalam lanjutan Shopee Liga 1 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jumat 30 Agustus 2019. 

Pelatih Robert Rene Alberts sesungguhnya akan menyiapkan ketiganya di putaran kedua kompetisi Liga 1. Namun setelah mendapat kepastian bisa dimainkan di laga terakhir putaran pertama, Alberts pun bakal menurunkan mereka. 

Apalagi Kuipers dkk terlihat impresif saat latihan sehingga pelatih asal Belanda ini akan memberi kesempatan mereka melakukan debut. Mereka juga bisa beradaptasi lebih cepat dengan tim dan atmosfer sepak bola nasional. 

PSS tim yang terbilang stabil di liga meski merupakan tim promosi. Mereka juga mempunyai pemain asing yang bagus dengan kekuatan fisik

Van Kippersluis, misalnya, akan berduet dengan Ezechiel N'Douassel, satu-satunya pemain asing yang dipertahankan Maung Bandung. Namun pemain berusia 26 yang terakhir kali memperkuat SC Cambuur,
tim Eerstee Divisie Belanda (Divisi 2 atau dibawah Eredivisie), ini tetap butuh penyesuaian. 

"Kami sudah mendapat kejelasan mengenai tiga pemain asing baru Kevin, Nick dan Omid bisa dimainkan. Ini menjadi tantangan bagi mereka, khususnya pemain dari Belanda untuk menunjukkan kapasitasnya di liga Indonesia. Kompetisi di sini cukup cepat dan berbeda dengan Belanda," kata Robert. 

"Saat latihan mereka memberi impresi yang bagus untuk tim. Pemain lokal lebih termotivasi. Ini menjadikan tim lebih kuat. Saya juga sampaikan kepada pemain baru untuk menikmati pertandingan dan pastikan kami meraih tiga poin," ujarnya. 

Menutup dengan Kemenangan

Laga melawan PSS merupakan yang terakhir di putaran pertama. Alberts berharap bisa menutup putaran ini dengan kemenangan. Hanya, dia mengakui tak mudah menundukkan PSS. Menurutnya meski berstatus tim promosi, namun PSS membuktikan sebagai tim yang konsisten di liga. 

"Kami ingin menyelesaikan laga terakhir (paruh pertama) di kandang dengan kemenangan menghadapi klub yang berada di papan atas," ucap eks pelatih PSM Makassar ini. 

"PSS tim yang terbilang stabil di liga meski merupakan tim promosi. Mereka juga mempunyai pemain asing yang bagus dengan kekuatan fisik," katanya.

Persib yang saat ini tertahan di peringkat 12 butuh kemenangan untuk memperbaiki posisinya. Mereka terakhir kali meraih tiga poin di kandang sendiri saat mengalahkan Kalteng Putra 2-0, 16 Juli 2019. Di laga terakhir di kandang sendiri, Persib ditahan Borneo FC 2-2. 

PSS justru menunjukkan tren bagus menjelang akhir putaran pertama. Sempat kalah 1-3 dari PS Tira Persikabo, mereka mampu bangkit untuk mengalahkan PSM Makassar 3-2. []

Berita terkait
Tertinggal Lebih Dulu, PSS Taklukkan PSM
PSS Sleman melakukan comeback secara dramatis saat menang 3-2 atas PSM Makassar di Shopee Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Jumat 23 Agustus 2019.
Kalahkan Persib, PSM Kembali Naik Peringkat
PSM Makassar memperbaiki posisinya di klasemen Shopee Liga 1 2019 setelah mengalahkan Persib Bandung 3-1 di Makassar, Minggu 18 Agustus 2019.
PSM Menang Atas Persib, Ini Kuncinya
Pelatih PSM Makassar Darije Kalezic menyebut persiapan matang menjadi kunci kemenangan 3-1 atas Persib Bandung, Minggu 18 Agustus 2019 malam WIB.
0
Revisi UU KPK, Jokowi Minta Masyarakat Bersuara ke DPR
Presiden RI Joko Widodo menyampaikan tanggapannya terkait keputusan Revisi Undang-Undang KPK. Ia mengaku, ide awal revisi tersebut dibawa oleh DPR.