Perempuan yang Berjuang Perangi Virus Corona di Dunia

Pandemi virus corona disebut sangat berdampak terhadap perempuan, tapi ada beberapa perempuan yang justru berjuang memerangi virus corona
Tindakan pencegahan - Jacinda Ardern (Foto: dw.com/id)

Jakarta - Dari mulai mengambil langkah pencegahan dini hingga mengembangkan vaksin, para perempuan ini berjuang untuk mengendalikan pandemi virus corona (Covid-19). Melissa Sou-Jie Van Brunnersum merangkumnya di dw.com/id yang dilansir Tagar berikut ini.

angela merkelSerius - Angela Merkel (Foto: dw.com/id)

Serius - Angela Merkel. Jerman jadi perhatian dunia atas upayanya menangani pandemi virus corona serta angka kematian yang rendah. Kanselir Angela Merkel dipuji karena untuk kali pertama dalam masa jabatannya ia tampil langsung melalui televisi, memperingatkan bahaya virus corona. Ia merinci langkah-langkah penanganan COVID-19 yang harus diikuti untuk mengatasi “tantangan terbesar” yang dihadapi Jerman sejak PD II.

kembangkan vaksinKembangkan vaksin - Marylyn Addo (Foto: dw.com/id)

Kembangkan vaksin - Marylyn Addo. Marylyn Addo, profesor di bidang virologi yang memimpin Pusat Penelitian Infeksi Jerman dan Kepala Departemen Infeksi Pusat Medis Hamburg-Eppendorf. Institusi ini bertugas untuk mengembangkan vaksin virus corona. Sebelumnya, Addo telah berhasil mengembangkan vaksin untuk virus Ebola dan MERS.

tindakan pencegahanTindakan pencegahan - Jacinda Ardern (Foto: dw.com/id)

Tindakan pencegahan - Jacinda Ardern. Di bawah kepemimpinan PM Ardern, Selandia Baru lakukan tes menyeluruh dan menerapkan pembatasan wilayah yang ketat untuk mencegah penyebaran pandemi virus corona. Pada 14 Maret silam, Ardern umumkan siapa pun yang masuk ke negaranya harus melakukan isolasi mandiri selama dua pekan. Tak lama berselang, ia kemudian melarang semua pengunjung masuk dan mengumumkan status lockdown.

tes corona massalTes corona massal - Jung Eun-kyeong (Foto: dw.com/id)

Tes corona massal - Jung Eun-kyeong. Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea Selatan, Jung Eun-kyeong, dipuji sebagai “pahlawan nasional” atas kinerjanya memerangi COVID-19. Media Korea Selatan memberitakan bahwa Jung kerap tidak tidur dan menolak meninggalkan kantor demi mengatasi penyebaran corona di Korea Selatan. Ia pun membantu mengarahkan langkah-langkah tes massal di negeri ginseng tersebut.

membuka jalanMembuka jalan Uni Eropa - Mette Frederiksen (Foto: dw.com/id)

Membuka jalan Uni Eropa - Mette Frederiksen. Di bawah kepemimpinan PM Frederiksen, Denmark merupakan salah satu negara di Eropa yang merespon cepat penyebaran virus corona. Frederiksen dengan sigap menerapkan langkah-langkah ketat di awal bulan Maret, antara lain dengan menutup perbatasan untuk semua pengunjung yang tidak memiliki visa masuk.

aksi cepatAksi cepat - Tsai Ing-wen (Foto: dw.com/id)

Aksi cepat - Tsai Ing-wen. Meski letaknya sangat dekat dengan episentrum virus corona yakni China, Taiwan berhasil menekan penyebaran Covid-19. Ini mematahkan prediksi para ahli yang sebut Taiwan akan jadi salah satu negara dengan kasus corona terbanyak di dunia. Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen, ambil tindakan dini dengan melarang masuk pengunjung dari China, Hong Kong, dan Makau seiring melonjaknya kasus di China. (Ed: rap/ts)/dw.com/id. []

Berita terkait
Kemajuan Hak-hak Perempuan Diperburuk Pandemi Virus Corona
Laporan PBB menunjukkan bahwa kemajuan dalam hal hak-hak perempuan dan partisipasi pasar kerja secara global diperburuk pandemic virus corona
0
Mendagri Lantik Bupati dan Wakil Bupati Supiori, Serta Penjabat Bupati Boven Digoel
Mendagri melantik Yan Imbab & Nichodemus Ronsumbre sebagai Bupati dan Wakil Bupati Supiori juga Yimin Weya sebagai Penjabat Bupati Boven Digoel.