Jakarta, (Tagar 14/3/2019) - Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 menjadi masa yang ditunggu-tunggu semua masyarakat. Semua kalangan beramai-ramai memberikan dukungan kepada salah satu capres.

Tak terkecuali dengan musisi Indonesia, mereka memberikan dukungannya dengan menciptakan lagu kepada salah satu paslon yang menjadi pilihannya.

Seperti Musisi bergenre modern pop Bali, I Komang Rayendra Umbara alias Mr Rayen menciptakan lagu dan klip bertajuk 'Jokowi Lagi'. Lagu ciptaannya menjadi bukti dukungan kepada capres nomor urut 01. Sebagai bentuk ekspresi kekaguman terhadap sosok Jokowi, baik sebagai pribadi maupun Presiden RI.

Musisi kenamaan asal Bali ini menciptakan lagu untuk Jokowi, bukan tanpa alasan. Ia menilai sosok Jokowi sebagai pribadi yang sederhana, bersih dari korupsi, penyabar, tenang, dan bijaksana sehingga mampu mengatasi berbagai persoalan yang dihadapi negara. Bahkan dalam kepemimpinannya dapat membawa negara menjadi lebih baik.

Dia juga menilai Jokowi itu adalah sosok yang santun, bekerja keras, tegas, fokus membangun negeri walau banyak tantangan dari lawan politik. Lagu ini ada pesan menonjol yang ingin disampaikan yaitu adalah persatuan, kerukunan dan makna kebhinekaan.

Video klip lagu ini diambil dari berbagai latar belakang, mulai dari keberagaman, kebhinekaan, alam Indonesia, rumah ibadat dan sebagainya. Kostum yang dipakai adalah kostum merah putih, lambang keutuhan NKRI.

Ia merefleksikan lagu ini dan mendedikasikan kepada Jokowi sebagai bentuk dukungan dari musisi melalui lirik lagu. Ia mempersilakan kepada siapa saja yang ingin menikmati lagu ini melalui media sosial miliknya, seperti YouTube dengan nama Mr Rayen.

Dukungan dan simpati terhadap pasangan calon presiden-wakil presiden petahana, Jokowi-Ma'ruf juga datang dari grup band Radja. Grup band yang digawangi oleh Ian Kasela ini, menciptakan lagu khusus untuk Jokowi berjudul 'Kami Ada Untukmu'.

Lagu itu sudah dilncurkan sejak 22 September 2018, pertama kali disebarkan di aplikasi YouTube. Tentu saja grup band yang satu ini menciptakan lagu bukan tanpa alasan. Sama seperti dengan Mr Rayen, Ian menilai Jokowi mempunyai rekam jejak yang jelas selama memimpin negara, dan sungguh-sungguh mewujudkan Nawacita.

Membuat lagu Kami Ada Untukmu, memang  tak membutuhkan waktu lama. Lagu tersebut dibuat dalam waktu beberapa hari di bulan September tahun lalu. Dalam Pilpres 2019, Ian berharap Jokowi diberi kesempatan melanjutkan kepemimpinan untuk kedua kali.

Musisi Marzuki Mohamad alias Kill The DJ  dan sejumlah musisi membuat lagu dan video musik baru untuk mendukung kampanye petahanan Joko Widodo dalam Pemilu Presiden 2019. Lagu itu diberi judul 'Goyang Jempol, Jokowi Gaspol'.

Marzuki mengenalkan cuplikan lagunya lewat media sosial pada Senin (4/3) dini hari. Kata gaspol merujuk kepada frasa gas pol atau tancap pedal gas maksimal, yang artinya melaju sekuat tenaga. Lagu ini memang untuk memeriahkan pilpres, terutama menunjukkan dukungan kepada pasangan calon nomor urut 01.

Ini kedua kalinya Marzuki membuat lagu kampanye terkait Pilpres. Lima tahun silam, dia membuat lagu berjudul 'Bersatu Padu Coblos Nomor 2' sebagai bentuk dukungan bagi pasangan Jokowi-JK.  

Sementara musisi yang memberikan dukungan kepada pasangan calon nomor urut 02 Prabowo-Sandi, juga membuat lagu untuk calonnya. 

Siapa yang tak kenal dengan pedangdut Rhoma Irama, ia membuat lagu berjudul 'Padi' singkatan dari nama Prabowo-Sandi. Ayah dari Ridho Rhoma itu mengaku akan all out.

Rhoma Irama juga akan manggung, untuk mengampanyekan Prabowo-Sandi. Menurutnya, dukungan tersebut akan dilakukan dengan tetap menjaga persatuan, agar masyarakat Indonesia tidak terbelah hanya karena kompetisi politik.

Pentolan Dewa 19, Ahmad Dhani juga turut memberikan reaksinya sebagai bentuk dukungannya untuk Prabowo-Sandi. Bersama tiga jebolan ajang pencarian bakat Indonesian Idol, Husein Alatas, Nowela dan Virzha juga terlihat sudah merekam sebuah lagu yang berjudul Indonesia Bangkit.

Sang Alang sudah lebih dulu memberikan dukungannya kepada Prabowo-Sandi. Sebagai bentuk dukungan, ia menciptakan sebuah lagu yang berjudul 2019 Ganti Presiden, hingga sekarang ini lagu tersebut sudah tak asing lagi didengar. []