Bandung, (Tagar 3/8/2018) - Jelang diselenggarakannya pesta olah raga Asian Games, yang akan dimulai pada 18 Agustus 2018, Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyatakan siap menyambut dan mensukseskannya.

Kesiapan tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat (Jabar) Iwa Karniwa. Menurutnya seluruh persiapan dari mulai akses hingga venue olah raga yang ada di Jabar yang nantinya akan digunakan untuk beberapa cabang olah raga yang dipertandingkan telah siap sepenuhnya.

"Alhamdulillah kita sudah selesai 100 persen, meskipun sebelumnya ada sedikit kendala terkait persiapan infrastruktur, namun untuk saat ini kita sudah bisa pastikan semuanya telah selesai 100 persen," jelas Iwa Karniwa, Jumat (3/8).

Bukan hanya dari pemerintah daerah, pihak kepolisian dan instansi lainnya juga menyatakan bahwa Jawa Barat sudah sangat siap membantu mensukseskan pelaksanaan Asian Games, dari mulai sarana dan prasarana hingga segi keamanan.

"Kita bersama-sama dengan TNI dan dinas terkait sudah kita tinjau semua venue-venue, baik mulai dari sepak bola di Pakan Sari Bogor, Jalak Harupat, sepeda di Subang dan Karawang, paraglading di Puncak, dan terakhir kita cek di Majalengka untuk cabor kano slalom," jelas Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi, usai melaksanakan apel bersama guna mempersiapkan pengamanan Asian Games.

Terkait gangguan keamanan, Agung menyatakan dengan tegas bahwa Jawa Barat dipastikan aman pada saat pesta olahraga Asian Games berlangsung, namun meski demikian dirinya juga mengajak masyarakat untuk ikut berperan serta menjaga keamanan dengan cara segera memberikan informasi sekecil apa pun jika disinyalir adanya indikasi gangguan keamanan.

"Insyaalah aman, mari kita sama-sama menjadi tuan rumah yang ramah,” kata Agung. [o]