UNTUK INDONESIA
Penyakit yang Harus Diwaspadai Selama Lebaran
Makanan khas lebaran yang dikonsumsi dengan berlebihan bisa memicu berbagai penyakit. Berikut penyakit yang sering muncul selama lebaran.
Ilustrasi Sakit Perut. (Foto: carolinadigestive.com)

Jakarta - Makanan khas lebaran yang dikonsumsi dengan berlebihan bisa memicu berbagai penyakit. Hal itu disebabkan karena makanan yang disajikan saat momen Idul Fitri banyak mengandung kadar lemak, garam, dan gula. 

Menghindari penyakit itu, sebaiknya umat Muslim harus membatasi mengonsumsi hidangan khas lebaran tersebut. Dilansir dari berbagai sumber, berikut Tagar berikan ulasan mengenai beberapa penyakit yang sering muncul selama lebaran.

1. Kadar Kolesterol dan Gula Darah Meningkat

Jika dikonsumsi secara berlebihan, makanan manis dan berlemak yang umumnya tersaji saat lebaran bisa meningkatkan kadar kolesterol dan gula dalam darah. Kondisi tersebut bisa memicu serangan diabetes

Kadar kolesterol yang tinggi juga bisa menyebabkan rasa sakit di dada bagian depan dan lengan. Biasanya penyakit ini terjadi saat Anda mengalami stres atau melakukan kegiatan fisik yang berat. Jika tidak mengontrol pola makan, kolesterol tinggi bisa menjadi pemicu penyakit strok dan serangan jantung.

2. Hipertensi

Bagi penderita darah tinggi atau hipertensi, sebaiknya hindari konsumsi makanan berlemak yang biasa ada saat lebaran. Bila kondisinya semakin parah, hipertensi bisa membuat pengidapnya mengalami sakit kepala, pusing, mual, kelelahan, hingga penglihatan buram.

3. Maag

Maag bisa terjadi akibat perubahan pola makan setelah berpuasa, serta terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas saat momen lebaran. Gejala yang umumnya muncul seperti nyeri dan kembung pada perut bagian atas, mual, muntah, sering bersendawa, serta nyeri ulu hati.

4. Diare

Diare bisa terjadi akibat mengonsumsi makanan dan minuman yang terpapar bakteri. Biasanya gejala yang sering timbul saat diare seperti sakit perut, feses yang cenderung padat, kram perut, hingga meningkatkan frekuensi buang air besar (BAB).

Kondisi tersebut bisa terjadi saat mengonsumsi berbagai makanan tersebut selama lebaran tanpa memperhatikan kebersihan makanannya. Jika sudah terjadi diare, segera untuk mengganti cairan dan elektrolit yang keluar dengan cara minum oralit atau sekadar air putih.

5. Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan biasa terjadi lantaran mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan. Gejala yang timbul akibat radang tenggorokan, yaitu rasa sakit pada tenggorokan, sakit saat menelan, dan sakit kepala yang hebat.

6. Flu dan Batuk

Minuman yang dingin dan manis biasanya selalu tersaji saat lebaran. Meski menyegarkan dan mampu menghilangkan dahaga, ternyata minuman tersebut bisa menyebabkan flu dan batuk jika dikonsumsi secara berlebihan. []

Baca juga:

Berita terkait
Tips Merawat Wajah Agar Tetap Cantik Saat Lebaran
Setiap perempuan Muslim pasti ingin terlihat cantik saat Idul Fitri atau lebaran. Berikut tips merawat wajah agar tetap cantik saat lebaran.
Koleksi Baju Lebaran Terbaru Desainer Lokal Ternama
Momen lebaran tak sedikit wanita muslim ingin memakai baju lebaran yang dirancang oleh desainer lokal ternama Tanah Air.
Rekomendasi Gaya Hijab yang Menarik untuk Lebaran
Gaya hijab saat lebaran bisa menunjang penampilan terlihat menarik dan cantik. Berikut gaya hijab yang bisa digunakan saat lebaran tiba.
0
Penyakit yang Harus Diwaspadai Selama Lebaran
Makanan khas lebaran yang dikonsumsi dengan berlebihan bisa memicu berbagai penyakit. Berikut penyakit yang sering muncul selama lebaran.