Palembang, (Tagar 22/5/2018) - Demi memudahkan masyarakat dalam hal penukaran uang receh, Bank Indonesia Kantor Perwakilan (KPw) Sumatera Selatan menggelar penukaran uang pecahan kecil di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, Selasa (22/5).

Deputi Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumsel, Seno Pranoto mengatakan, layanan penukaran uang pecahan kecil ini bakal diselenggaran dalam dua tahap. Tahap pertama pada tanggal 22-24 Mei dan tahap kedua pada 4-7 Juni.

“Waktunya mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB," ucap Deputi BI KPw Sumsel, Seto Pranoto saat diwawancarai di pelataran BKB Palembang.

Lanjut Seto, BI juga bekerjasama dengan sejumlah bank dalam menyelenggarakan kegiatan penukaran uang pecahan kecil tersebut. Hal ini sebagai langkah perbankan untuk memudahkan masyarakat yang hendak menukarkan uang receh menjelang Lebaran.

Sejumlah perbankkan yang ikut bergabung, yakni BNI, BRI, Bank Sumsel Babel, Bank Mandiri, Bank BTN, Bank BRI, BNI Syariah, BCA, Mandiri Syariah, Bank Mega, dan Permata Bank.

"Setiap masyarakat yang hendak melakukan penukaran ada batasan jumlah nominalnya, yakni Rp 3,8 juta per orang," tambahnya.

Sejumlah perbankkan yang ikut bergabung pada penukaran uang pecahan kecil tersebut diantaranya BNI, BRI, Bank Sumsel Babel, Bank Mandiri, BTN, BRI, BNI Syariah, BCA, Mandiri Syariah, Bank Mega, dan Permata Bank.

"Perharinya setiap mobil bank disini menyiapkan uang pecahan berjumlah Rp250 juta sampai Rp500 juta," tukasnya.

Sementara itu, seorang warga, Sintia, yang melakukan penukaran uang pecahan kecil mengatakan, dirinya sengaja melakukan penukaran karna sudah setiap tahun dirinya selalu menukarkan uang untuk persiapan hari raya.

"Sangat senang tak perlu antrian ke Bank, dan ini sangat membantu masyarakat dengan adanya penukaran uang baru ini, " katanya. (uni)