Penjualan Indofood Moncer, Tembus Rp 42 Triliun

Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) berhasil membukukan kinerja moncer pada sepanjang tahun lalu.
Indomie varian goreng ayam panggang. (Foto: Indofood Sukses Makmur)

Jakarta - PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. (ICBP) berhasil membukukan kinerja moncer pada sepanjang tahun lalu. Berdasarkan siaran resmi yang dilakukan perseroan, produsen bahan pangan itu mencatatkan pertumbuhan penjualan neto konsolidasi sebesar 10 persen menjadi Rp 42,30 triliun pada 2019. Capaian itu lebih tinggi jika dibandingkan dengan periode yang sama 2018 dengan Rp 38,41 triliun.

Direktur Utama sekaligus Chief Executive Officer (CEO) ICBP, Anthoni Salim mengatakan perjalanan usaha pada sepanjang tahun lalu cukup menantang. Namun, dia bersyukur kinerja perseroan dapat tetap positif dan menghasilkan peningkatan cuan pada tutup buku 2019.

“Kami senang ICBP dapat kembali mencatatkan pertumbuhan yang kuat meskipun pertumbuhan ekonomi global melambat karena meningkatnya ketegangan perdagangan dunia dan ketidakpastian geopolitik,” ujarnya di Jakarta, Selasa, 24 Maret 2020.

Kami akan terus memperkuat ketersediaan produk.

Torehan penjualan neto tersebut menjadi penopang utama pembentukan laba perseroan. Per Desember 2019, laba usaha ICBP tercatat sebesar Rp 7,40 triliun, atau melonjak 15 persen dari Desember 2018 yang sebesar Rp 6,45 persen. Begitu pun dengan marjin laba usaha yang naik menjadi sekitar 17,5 persen dari sebelumnya 16,8 persen.

“Agar tetap kompetitif pada tahun-tahun mendatang, kami akan terus memperkuat ketersediaan produk, penjualan ekspor dan penjualan food service serta diversifikasi sumber bahan baku, sambil terus mengedepankan berbagai inisiatif penghematan biaya dan efisiensi," turur Anthoni.

Sementara itu, laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk tumbuh 10 persen menjadi Rp 5,04 triliun dari Rp 4,58 triliun di tahun sebelumnya. Lalu, marjin laba bersih relatif stabil di kisaran 11,9 persen. Begitu pun dengan core profit yang meningkat 22 persen menjadi Rp 5,16 triliun pada 2019 dari sebelumnya Rp 4,22 triliun pada 2018.

Sebagai informasi, ICBP merupakan salah satu produsen produk konsumsi dengan kegiatan usaha mie instan, makanan ringan, penyedap makanan, nutrisi, dan minuman. ICBP juga diketahui memiliki 50 fasilitas produksi dengan jaringan penjualan lebih dari 60 negara di seluruh dunia.[]


Berita terkait
Indomie Jadi Mie Terenak di Dunia
LAtimes, baru-baru ini menobatkan produk mie instan asal Indonesia, Indomie sebagai ramen terenak di dunia.
Kontribusi Brio dalam Penjualan Honda Februari 2020
Honda Brio memberikan kontribusi terbaik dalam penjualan Honda di Indonesia pada Februari 2020, terjadi kenaikan dari bulan sebelumnya.
Gaikindo: Penjualan Mobil Januari 2020 Melorot
Angka penjualan kendaraan roda empat pada Januari 2020 mengalami kemerosotan sebesar 2,44 persen dibandingkan bulan Januari 2019.
0
Tinjau Lapak Hewan Kurban, Pj Gubernur Banten: Hewan Kurban yang Dijual Dipastikan Sehat
Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar meninjau secara langsung lapak penjualan hewan kurban milik warga di Kawasan Puspiptek.