UNTUK INDONESIA
Penalti Loloskan Persebaya dari Kekalahan Lawan Persija
Persebaya Surabaya lolos dari kekalahan setelah imbang 1-1 melawan Persija Jakarta di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu 24 Agustus 2019.
Persebaya Surabaya lolos dari kekalahan setelah bermain imbang 1-1 melawan Persija Jakarta di pertandingan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu 24 Agustus 2019. Tampak pemain Persebaya Manuchehr Jalilov (kiri) dihadang bek Persija Maman Abdurahman. (Foto: ANTARA/Moch Asim)

Surabaya - Persebaya Surabaya lolos dari kekalahan melawan Persija Jakarta di kompetisi Shopee Liga 1 2019. Dalam duel klasik di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu 24 Agustus 2019, Persebaya bermain imbang 1-1 melawan rival bebuyutan, Persija. 

Duel klasik yang mempertemukan dua raksasa Perserikatan nyaris dimenangkan Persija. Namun Persebaya sesungguhnya juga memiliki peluang memenangkan pertandingan. Apalagi, tuan rumah mampu mengimbangi Macan Kemayoran, 

Pada menit-menit pertama, Persebaya mencoba menekan pertahanan lawan. Tercatat mereka memiliki dua peluang membobol gawang Persija. Hanya upaya tim yang akan ditangani eks pelatih tim nasional Alfred Riedl ini gagal membuahkan hasil. 

Namun Persija bukannya tanpa peluang. Di menit ke-23, tendangan keras Sandi Sute dari luar kotak penalti masih bisa diblok kiper Persebaya Miswar Saputra.

Persebaya kembali memberi tekanan kepada Persija. Hanya upaya mereka tak membuahkan gol. Sampai akhir babak pertama skor masih 0-0. 

Meningkatkan Serangan

Di babak kedua, Persija mulai meningkatkan serangan. Mereka menekan gawang tuan rumah. Hasilnya, Persija mencetak gol melalui striker Marko Simic menit ke-68. Gol tercipta melalui serangan balik. 

Simic yang mendapatkan umpan matang dari Feby Eka Putra mengecoh mengelabui dua bek Persebaya, Andri Muladi dan M Syaifuddin. Dia melepaskan tendangan ke pojok kanan yang gagal dijangkau kiper Miswar Saputra.

Persebaya beruntung lolos dari kekalahan setelah wasit memberikan hadiah penalti menyusul pelanggaran terhadap Oktafianus Fernando. Dirinya dijatuhkan pemain belakang Persija saat melakukan penetrasi di kotak penalti. 

Eksekusi penalti dituntaskan Misbakus Solikin pada menit ke-80. Skor berubah 1-1 sampai akhir pertandingan. 

Hasil itu menjadikan Persebaya bertahan di peringkat enam dengan poin 22. Sebelumnya, mereka menang 3-1 atas Perseru Badak Lampung FC. 

Sedangkan Persija masih berkutat di papan bawah meski mencatat rekor belum pernah kalah sejak kegagalan di final Piala Indonesia. Mereka tiga kali imbang dan sekali menang 3-1 atas Kalteng Puitra sehingga menduduki peringkat 14 dengan poin 13. Namun Persija baru menyelesaikan 12 pertandingan. []

Berita terkait
Rivalitas Persebaya Vs Persija Minus Pemain Kunci
Persebaya Surabaya tidak bisa menurunkan skuat terbaik melawan Persija Jakarta karena absennya 5 pemain kunci di laga Sabtu 24 Agustus 2019.
2100 Personel Amankan Laga Persebaya vs Persija
Pengamanan ketat dilakukan Polres surabaya untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan saat laga Big Match antara Persebaya VS Persija.
Persebaya Resmi Ikat Mantan Pelatih Timnas
Persebaya Surabaya menunjuk mantan pelatih timnas Alfred Riedl menggantikan Djadjang Nurjaman untuk menangani tim di Liga 1 2019.
0
Revisi UU KPK, Jokowi Minta Masyarakat Bersuara ke DPR
Presiden RI Joko Widodo menyampaikan tanggapannya terkait keputusan Revisi Undang-Undang KPK. Ia mengaku, ide awal revisi tersebut dibawa oleh DPR.