UNTUK INDONESIA
Pemain Timnas Kelelahan Karena Jadwal Padat Liga
Pelatih timnas Simon McMenemy menilai jadwal liga yang padat akibatkan pemain kelelahan saat menghadapi Malaysia di kualifikasi PIala Dunia 2022.
Pemain Indonesia mengalami kelelahan akibat padatnya jadwal liga saat dikalahkan Malaysia 2-3 di kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis 5 September 2019. Pemain Indonesia Ricky Fajrin (kanan) pun terpaksa ditarik karena kelelahan. (Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat)

Jakarta - Jadwal padat kompetisi Shopee Liga 1 mengakibatkan pemain tim nasional kelelahan. Pelatih timnas Simon McMenemy menyinggung jadwal liga usai kekalahan 2-3 dari Malaysia dalam laga Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis 5 September 2019 malam WIB.

McMenemy tidak sedang mencari alasan. Namun dia tak menampik bila pemain sudah terlihat lelah saat bergabung untuk menjalani pemusatan latihan. 

Saat menjalani pelatnas, tenaga pemain mau tidak mau kembali dikuras untuk mempersiapkan diri jelang laga melawan Malaysia. Itu menyebabkan para pemain kelelahan di 20 menit akhir saat pertandingan. 

Saya tidak ingin mencari alasan untuk kekalahan itu. Namun jadwal liga sangat padat. Tim sampai bertanding tiga kali seminggu

Malaysia pun berhasil memanfaatkan situasi tersebut. Mereka sepenuhnya menguasai permainan setelah skor menjadi 2-2. Hasilnya di injury time, pemain naturalisasi Malaysia Mohamadou Sumareh mencetak gol yang membawa tim menang  3-2. Hasil yang memuaskan bagi Malaysia setelah dua kali tertinggal dari tim Merah Putih.

"Saya tidak ingin mencari alasan untuk kekalahan itu. Namun jadwal liga sangat padat. Tim sampai bertanding tiga kali seminggu," ujar McMenemy kepada Antara.

"Ketika Ricky Fajrin cedera dan harus diganti di babak kedua itu pun akibat dari kelelahan. Seharusnya para pemain bisa mendapatkan kenyamanan di Liga 1. Mereka seharusnya diberikan jadwal liga yang rapi, tidak bisa pemain berlaga terus menerus," kata pelatih asal Skotlandia ini.

Penyerang Alberto 'Beto' Goncalves yang mencetak dua gol di laga itu juga mengakui dia dan rekan-rekannya dilanda kelelahan di babak kedua.

Meski demikian, pemain yang akrab disapa Beto itu tetap optimistis menyambut laga kedua Grup G melawan Thailand, Selasa 10 September 2019. Indonesia kembali menjadi tuan rumah dan menggelar laga di SGBK.

"Masih ada waktu pemulihan. Kondisi kami sekarang memang kelelahan. Mudah-mudahan semua pemain fit untuk laga itu," tutur dia.

Kekalahan dari Malaysia menjadikan Indonesia berada di peringkat terbawah atau kelima klasemen sementara Grup G. Sementara Malaysia bertengger di puncak. Di laga lain grup ini, Thailand bermain imbang 0-0 melawan Vietnam. []

Berita terkait
Kehabisan Tenaga, Indonesia Dipermalukan Malaysia
Indonesia dipermalukan Malaysia 2-3 di pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis 5 September 2019.
Ulah Suporter Malah Jatuhkan Mental Pemain Timnas
Ulah suporter tidak membantu tim nasional Indonesia tetapi merugikan karena mental pemain turun di pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022.
Suporter Indonesia Ricuh, Polisi Tembakkan Gas Air Mata
Para suporter timnas Indonesia yang ricuh akibat tidak terima kekalahan dari timnas Malaysia dibubarkan polisi dengan tembakan gas air mata.
0
Menanti Nama dan Kementerian Kabinet Jokowi Jilid II
Dalam berbagai kesempatan Jokowi menyebut kriteria (calon) menteri yang akan mengisi Kabinet Kerja Jilid II, ini membuat banyak kalangan penasaran