UNTUK INDONESIA
Pelantikan Jokowi-Amin, Polresta Solo Terjunkan Anggota
Polresta Solo menerjunkan ratusan personel guna mengamankan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Maruf Amin.
Jokowi dan Ma\'ruf Amin. (Foto: Istana Kepresidenan/Agus Suparto)

Solo - Polresta Solo menerjunkan ratusan personel guna mengamankan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dan Maruf Amin Solo pada Minggu, 20 Oktober 2019. 

Meski pelantikan diselenggarakan di Jakarta, penerjunan personel dilakukan untuk menjaga situasi dan kondisi Solo, Jawa Tengah, tetap aman dan kondusif.

"Para personel telah kita apelkan untuk pengamanan pelantikan presiden dan wakil presiden," kata Kapolresta Solo AKBP Andy Rifai di halaman Mapolresta Solo, Jumat, 18 Oktober 2019.

Sudah kita tentukan titik-titiknya, tugas dan tanggung jawabnya. Maka dari itu kita bisa menciptakan situasi Solo yang aman.

Dia menerangkan, ada 700 personel yang disiagakan untuk mengamankan kota ini mulai dari menjelang hingga pelaksanaan pelantikan. Polresta, kata Andy, juga dibantu personel dari Polda Jateng.

Para personel dibagi untuk melakukan pengamanan di sejumlah objek vital maupun secara mobile.

"Sudah kita tentukan titik-titiknya, tugas dan tanggung jawabnya. Maka dari itu kita bisa menciptakan situasi Solo yang aman," tuturnya.

Polresta Solo melarang kegiatan bersifat pengerahan massa menjelang pelantikan. Hal tersebut, kata Andy, agar proses pelantikan bisa berjalan dengan lancar, tanpa adanya gangguan keamanan.

Disinggung soal pengamanan VVIP, Andy mengatakan akan menggunakan pola ring. "Ring satu pengamanan dari Paspampres dan pengamanan dari satuan wilayah berada di ring dua dan tiga," kata dia.

Dia mengatakan, pihaknya juga telah menerima laporan mengenai bakal diadakan kegiatan nonton bareng proses pelantikan Presiden-Wakil Presiden Jokowi-Maruf Amin, di Solo, Minggu besok. []

Berita terkait
Syarat untuk Oposisi Jika Masuk Kabinet Jokowi-Maruf
Anggota Dewan Syura PKB Maman Imanulhaq tidak mempermasalahkan jika partai politik dari opoisi masuk dalam Kabinet Kerja Jokowi-Maruf.
Sri Mulyani Apresiasi Kepemimpinan Jokowi-JK
Menteri Keuangan Sri Mulyani memuji kepemimpinan Presiden Jokowi-Jusuf Kalla selama periode 2014-2019.
Luhut Kesal Jika Ada yang Merendahkan Jokowi
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengaku kesal jika ada yang merendahkan Jokowi.
0
Ulama Aceh Minta Menag Bawa Rasa Sejuk di Indonesia
Ulama di Provinsi Aceh meminta Menteri Agama, Fachrul Razi membawa rasa sejuk ke seluruh Indonesia.