UNTUK INDONESIA
Pejabat Gowa Asah Kecintaan Pada Negara
Sebanyak 60 pejabat eselon III lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa digiring masuk markas pendidikan militer Rindam XIV Hasanuddin Pakkatto.
Sebanyak 60 pejabat eselon III mengikuti Diklat Bela Negara dan Pelatihan Pengendalian Keamanan dan Kenyamanan Bagi Aparatur Sipil Negara.(Foto: Tagar/Humas Gowa)

Gowa - Sebanyak 60 pejabat administrator atau pejabat eselon III lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa digiring masuk markas pendidikan militer Rindam XIV Hasanuddin Pakkatto. Mereka dikarantina selama tiga hari di Rindam Pakkatto. Hal ini dilakukan untuk mengasah bukti kecintaan sorang pejabat terhadap bangsa dan negara Indonesia.

Kegiatan yang digagas Pemkab Gowa ini adalah Diklat Bela Negara dan Pelatihan Pengendalian Keamanan dan Kenyamanan Bagi Aparatur Sipil Negara. Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan bahwa kegiatan seperti ini penting dilaksanakan untuk melatih sikap dan jiwa kepemimpinan pejabat eselon III.

"Kegiatan ini dilaksanakan untuk membentuk sikap disiplin, kebersamaan, solidaritas, ketepatan berpikir dan membentuk fisik yang tangguh, serta melatih leadership pada diri pejabat eselon III," kata Adnan saat bertindak sebagai inspektur upacara pembukaan diklat bela negara, Kamis, 12 Desember 2019.

Para pejabat eselon III ini diminta untuk membuktikan kecintaanya kepada bangsa Indonesia melalui diklat tersebut. Setelah selesai mengikuti diklat, mereka diharapkan menjadi contoh pejabat yang baik. Menurut Adnan, dalam diklat bela negara, tiada lain bertujuan untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk membentuk sikap disiplin, kebersamaan, solidaritas.

"Sehingga kita tidak akan pernah berhenti memberikan karya terbaik kita, baik dari fikiran maupun gerak kita dalam membangun Gowa, Sulawesi Selatan dan Indonesia yang lebih baik dimasa akan datang," tutur Adnan.

Ia juga berharap seluruh peserta serius mengikuti diklat bela negara. Ditegaskan Adnan bahwa alumni bela negara harus tampil dengan pikiran yang komprehensif dan kongkrit.

"Ikutilah diklat ini dengan penuh semangat, agar semua materi wawasan kebangsaan dapat kita terima. Juga mampu menumbuhkan pikiran-pikiran komperehensif dan konkrit untuk bisa diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Baharuddin mengatakan, Diklat Bela Negara bagi Pejabat Esolon III lingkup Kabupaten Gowa ini akan berlangsung selama tiga hari, yakni dimulai hari Kamis 12 Desember hingga 14 Desember 2019.

"Melalui kegiatan itu, kita berharap agar para pejabat yang telah mengikuti bela negara bisa menjadi teladan. Membentuk pribadi yang cinta kepada negara," singkat Baharuddin. []

Baca juga:

Berita terkait
Kembali Peristiwa Anak Tewas Tenggelam di Gowa
Kembali anak tewas akibat tenggelam di Gowa, kali ini menimpa pelajar berusia 13 tahun bernama Muh Ibnu Zakih. Ini kronologinya
Anak Sekolah di Gowa Trauma Temannya Tewas Tenggelam
Waspada korban tenggelam, Bhabikamtibmas Gowa mengimbau kepada anak sekolah untuk langsung pulang rumah usai jam sekolah, jangan singgah berenang.
Ibu Muda Pengguna Sabu Diringkus Polres Gowa
Seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) di Kabupaten Gowa diringkus polisi karena kedapatan menggkonsumsi narkoba jenis sabu.
0
2023, Target Literasi Keuangan Pemerintah 90 Persen
Pemerintah dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menargetkan peningkatan inklusi keuangan masyarakat Indonesia menjadi 90 persen.