UNTUK INDONESIA
PDIP Umumkan Cakada Siantar dan Simalungun Maret
Ketua Badan Pemenangan Pemilu PDI Perjuangan Sumatera Utara Mangapul Purba mengatakan 22 cakada Pematangsiantar dan Simalungun diumumkan Maret.
Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) PDIP Sumatera Utara Mangapul Purba di kantor DPP PDIP, Rabu, 19 Februari 2020. (foto: Tagar/Fernandho Pasaribu).

Jakarta - Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) PDI Perjuangan Sumatera Utara Mangapul Purba mengaku hingga kini proses penentuan siapa calon kepala daerah (Cakada) yang akan diusung masih dalam tahap penyeleksian.

Mangapul mengatakan dari Kota Pematangsiantar saja terdapat 12 nama yang diusulkan ke DPP PDI Perjuangan (PDIP). Sementara, dari Kabupaten Simalungun ada 10 nama.

Simalungun juga sama, kalau tidak salah ada 10 orang. Sudah dikirim ke DPP dan prosesnya juga sama seperti Siantar, survei sudah dilakukan dan sudah diserahkan juga

"Untuk wilayah Siantar-Simalungun, semuanya sudah kita kirim ke DPP PDIP. Namun, hingga saat ini prosesnya masih berjalan dan belum diputuskan siapa (Cakada)," katanya kepada Tagar di DPP PDIP, Jakarta, Rabu, 19 Februari 2020.

Selain petahana, ada juga beberapa sosok nama yang sudah disampaikan ke DPP, yakni Asner Silalahi, Marudut Liberty Panjaitan, dan Astronout Nainggolan.

"Ada 12 nama dari Siantar, saya tidak bawa datanya yang pasti ada 12 orang. Termasuk Hefriansyah," ujarnya.

Selain itu, hasil survei juga ditambahkan pada data-data yang dikirim ke DPP PDIP. Lantas, untuk keputusannya masih akan menunggu pilihan dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Kita kirim semua ke DPP PDIP, survei sudah kita lakukan dan sudah diserahkan semua hasil survei ke DPP. Tinggal DPP lah yang memutuskan siapa," kata dia.

Selanjutnya, mengenai bocoran siapa sosok yang akan diusung partai berlogo banteng itu, Mangapul menegaskan belum mendapatkan gambaran.

Namun, jika nantinya sosok tersebut dipilih, maka orang itu akan diundang langsung oleh PDIP pada pengumuman berikutnya.

"Tidak ada sistem bocoran, kalau DPP sudah memutuskan, orangnya langsung diundang," ucapnya.

Untuk Kabupaten Simalungun, kata Mangapul, pemilihan Cakada itu juga dilakukan dengan hal yang sama seperti Siantar. Survei juga diberlakukan untuk menentukan sosok yang mumpuni menjadi calon PDIP pada Pilkada serentak nanti.

"Simalungun juga sama, kalau tidak salah ada 10 orang. Sudah dikirim ke DPP dan prosesnya juga sama seperti Siantar, survei sudah dilakukan dan sudah diserahkan juga," kata dia.

Untuk hasil akhirnya, kata dia, masih menunggu. Kemungkinan bisa diumumkan awal Maret 2020. "Bagaimana keputusan akhir, kita masih tunggu. Kita harapkan awal Bulan Maret sudah selesai," ucap Mangapul. []

Berita terkait
Megawati Umumkan Petarung PDIP di Pilkada 2020
Ketua Umum PDI Pejuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengungkapkan calon kepala daerah gelombang I dalam Pilkada 2020 diisi para petahana.
Dapat Rekomendasi PDIP, Sanusi Tinggalkan PKB
Petahana Bupati Malang Sanusi memutuskan meninggalkan PKB dan bergabung PDIP setelah memastikan mendapatkan rekomendasi maju di Pilkada Malang
PDIP Usung Petahana di Humbahas dan Samosir
Dosmar Banjarnahor diusung PDIP sebagai bakal calon Bupati Humbahas pada Pilkada 2020. Di Samosir, nama Rapidin Simbolon kembali disebut.
0
Selebgram Awkarin dan Ruth Stefani Diperiksa Polisi
Dua selebgram yakni Awkarin dan Ruth Stefani memenuhi panggilan pemeriksaan Kepolisian Daerah Jawa Timur.