Paus Fransiskus Berikan Harapan Bagi Imigran di Kamp Lesbos Yunani

Paus Fransiskus kembali ke Pulau Lesbos, Yunani, untuk memberikan penghiburan kepada para Imigran
Paus Fransiskus (dua dari kanan) berbicara dengan para pengungsi di Pusat Penerimaan dan Identifikasi (RIC) di Mytilene di Pulau Lesbos, Yunani, 5 Desember 2021 (Foto: voaindonesia.com - Andreas SOLARO / AFP)

Jakarta – Paus Fransiskus hari Minggu, 5 Desember 2021, kembali ke Pulau Lesbos, Yunani, untuk memberikan penghiburan kepada para Imigran di sebuah kamp pengungsi dan mengecam apa yang dikatakannya sebagai ketidakpedulian dan kepentingan pribadi yang ditunjukkan oleh Eropa.

“Migrasi bukan masalah Timur Tengah dan Afrika Utara, Eropa dan Yunani. Ini masalah dunia,” kata Paus Fransiskus di kamp Mavrovouni, yang berupa klaster kontainer putih di tepi laut.

Sesampainya di kamp itu, Paus Fransiskus yang tanpa masker menyempatkan diri berjalan di sepanjang barikade, mengelus kepala anak-anak dan bayi serta berpose untuk swafoto. Dia memberikan “acungan jempol” setelah dia disambut oleh para wanita Afrika yang menyanyikan lagu selamat datang.

paus sapa jurnalis di pesawatPaus Fransiskus menyapa para jurnalis di atas pesawat kepausan pada kesempatan kunjungan pastoralnya ke Siprus dan Yunani, 6 Desember 2021 (Foto: voaindonesia.com - Alessandro Di Meo/Pool via AP)

Kunjungan itu adalah yang kedua Paus Fransiskus ke Lesbos dalam lima tahun dan dia menyesalkan bahwa tidak banyak yang berubah sejak 2016, ketika Lesbos berada di jantung gelombang migrasi besar-besaran ke Eropa dan dia membawa pulang 12 pengungsi Muslim Suriah bersamanya dengan pesawat kepausan.

Sikap solidaritas yang nyata itu telah membangkitkan harapan di antara para penghuni kamp Lesbos saat ini, yang banyak di antara mereka telah melahirkan anak-anak di kamp itu sambil menunggu klaim suaka mereka diproses. Mereka menganggap kunjungan Paus Fransiskus sebagai kesempatan untuk akhirnya keluar dari pulau itu (lt/ab)/Associated Press/voaindonesia.com. []

Paus Fransiskus Hanya Berkaca di Hilir Eksodus Pengungsi

Strategi Baru Uni Eropa Untuk Memulangkan Imigran Ilegal

800 Imigran Diselamatkan Kapal Jerman

Hentikan Imigran Menyeberangi Selat Inggris Penjualan Kano Disetop

Berita terkait
Paus Fransiskus Hanya Berkaca di Hilir Eksodus Pengungsi
Paus Fransiskus menyasar negara-negara yang menolak pengungsi dengan jargon moral “bak pemadam kebakaran” dan hanya bicara di hilir
0
Paus Fransiskus Berikan Harapan Bagi Imigran di Kamp Lesbos Yunani
Paus Fransiskus kembali ke Pulau Lesbos, Yunani, untuk memberikan penghiburan kepada para Imigran