Pariwisata Jambi Bangkit: Ayo ke Jambi, Ayo Jelajah Jambi

Pj Gubernur Jambi luncurkan program Jelajah Jambi dengan tema “The Hidden Paradise in Jambi” secara virtual
Ilustrasi: Peluncuran program pariwisata Provinsi Jambi “Jelajahi Jambi” secara virtual, 16 Maret 2021 (Foto: jambiprov.go.id)

Jambi - Pj. Gubernur Jambi, Dr Hari Nur Cahya Murni, meluncurkan rangkaian objek wisata dan kekayaan budaya Jambi dalam acara yang bertajuk “Jelajah Jambi ‘The Hidden Paradise in Jambi’” di auditorium rumah dinas Gubernur Jambi, 16 Maret 2021. Pj Gubernur didampingi oleh Sekda Provinsi Jambi, H Sudirman, SH, MH, Forkompimda serta Dekranasda.

Kegiatan ini sebagai rangkaian memperkenalkan objek wisata di Jambi dan juga untuk mendukung program pemerintah pusat yaitu “Bangga Berwisata di Indonesia” dan “Bangga Buatan Indonesia”. Acara ini dibuka secara virtual oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Pada kesempatan itu Pj Gubernur langsung mempromosikan secara virtual pariwisata dan produk lokal Jambi. Ditampilkan juga seni budaya Jambi melalui seni tari, kerajinan batik, perhiasan dan kuliner.

gn kerinciSalah satu objek wisata Jambi yaitu hamparan kebun teh di kaki Gunung Kerinci (Foto: id.wikipedia.org)

Beberapa produk batik Jambi terjual kepada kepada para menteri dan undangan yang juga hadir secara virtual. Pejabat yang hadir selain Luhut yaitu Menko Polhukam Mahfud MD, dan Menkominfo Johnny G Plate, Gubernur BI Perry Warjiyo, dan gubernur yang hadir secara virtual.

Dalam sambutannya Pj. Gubernur mengungkapkan rasa syukur dan kebanggaan terhadap para undangan yang telah hadir secara virtual untuk mendukung pengembangan potensi budaya di Provinsi Jambi.

”Saya sangat bersyukur karena Bapak/Ibu dan hadirin telah meluangkan waktu, untuk meringankan langkah hadir secara offline pada acara launching “Jelajah Jambi dengan tema “The Hidden Paradise in Jambi,” kata Pj Gubernur dalam sambutannya.

Lebih lanjut Pj Gubernur mengatakan dampak pandemi Covid -19 terhadap pariwisata di Jambi membuat banyak hotel tutu, transportasi dan restoran sepi, kuliner dan toko oleh-oleh gulung tikar, pengrajin UMKM juga terdampak.

Pj.Gubernur yakin perekonomian Jambi akan lebih cepat tumbuh dan berkembang karena potensi pariwisata dan kebudayaannya memiliki keindahan dan kekuatan untuk menumbuhkan perekonomian. Ada situs Candi Muara Jambi, wisata Gunung Kerinci, Jambi juga memiliki empat kawasan konservasi yaitu Taman Nasional Kerinci Seblat, Bukit 30, Bukit 12 dan Taman Nasional Berbak.

letak jambiLetak geografis dan objek wisata di Jambi di Pulau Sumatera (Foto: http://youknowla.blogspot.com/)

Dalam sambutannya Luhut memberikan apresiasi terhadap semangat Pemerintah Provinsi Jambi beserta jajarannya untuk mengangkat Provinsi Jambi dengan menampilkan destinasi wisata yang begitu indah disertai produk unggulan daerah. “Kami yakin Jambi sudah siap menyambut wisatawan dengan standar protokol kesehatan yang baik,” kata Luhut. Lebih lanjut Luhut mengatakan, “Kita buktikan kebanggaan kita membeli dan menggunakan produk anak bangsa.”

Sementara itu Menko Polhukam Mahfud MD juga mengapresiasi kegiatan ini acara Jelajah Jambi untuk mendukung program “Bangga Buatan Indonesia” dan “Bangga Wisata di Indonesia.” Menurut Mahfud, rasa percaya dan bangga dalam diri masyarakat Indonesia terhadap buatan bangsanya sendiri merupakan ekspresi nasionalisme atau rasa cinta Tanah Air dan cinta sesama anak bangsa yang pada gilirannya akan turut menjadi faktor perekat antar sesama anak bangsa yang beradab.

Menkominfo Johnny G Plate juga memberikan dukungan penuh penyelenggaraan kegiatan Jelajah Jambi. “Firdaus tersembunyi di Jambi satu yang luar biasa, yang kita lakukan dalam rangka pemulihan perekonomian, pariwisata Indonesia," ujar Johnny (Maria - Foto: Agus Supriyanto, Kameraman: Ardi)/Kominfo/jambiprov.go.id. []

Berita terkait
Siap Terima Wisatawan dengan Prokes, Luhut Resmikan Jelajah Jambi
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan meresmikan peluncuran “Jelajah Jambi-The Hidden Paradise in Jambi” secara virtual.
Mensos Tinjau Perekaman Data e-KTP Warga Suku Anak Dalam Jambi
Menteri Sosial RI Tri Rismaharini meninjau perekaman data NIK dan e-KTP bagi warga Suku Anak Dalam di Jambi.
0
DPR: Bukan Salah Pemerintah Jika Pemberangkatan Haji 2021 Batal
DPR menilai, bila tahun ini pemberangkatan jemaah haji kembali batal seperti tahun lalu, bukan menjadi kesalahan pemerintah Indonesia.