Pandemi Covid-19 Curi Kegembiraan Anak-anak

Pandemi Covid-19 menjungkirbalikkan kehidupan banyak anak-anak di Amerika, tidak bisa menghadiri berbagai acara kegembiraan
Ilustrasi: Anak-anak bermain di luar ruangan di Charlotte, North Carolina, AS (Foto: voaindonesia.com/Courtesy)

Jakarta – Sekolah secara daring membuat anak-anak terisolasi dari teman. Mereka juga tidak bisa menghadiri berbagai acara kegembiraan, seperti upacara kelulusan. Pandemi Covid-19 menjungkirbalikkan kehidupan banyak anak-anak di Amerika.

Laporan baru-baru ini mendapati bahwa ketidakpastian dan gangguan yang timbul akibat Covid-19 telah berdampak negatif terhadap kesehatan emosional dan jiwa sekitar sepertiga pemuda Amerika.

Dampak itu begitu negatif sehingga Ikatan Dokter Anak Amerika (American Academy of Pediatrics – AAP), bersama organisasi kesehatan anak lainnya, telah mengumumkan keadaan darurat nasional dalam kesehatan jiwa anak dan remaja.

jokowi anak 4Presiden Joko Widodo saat bergabung dengan aktivitas anak-anak yang berada di posko pengungsian di Kantor Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur, pada Jumat, 9 April 2021. (Foto: presidenri.go.id - BPMI Setpres/Laily Rachev)

“Gejala kecemasan, depresi, atau stres meningkat,” kata Nirmita Panchal, analis senior kebijakan di Kaiser Family Foundation, organisasi nirlaba yang berfokus pada masalah kesehatan nasional. “Juga terjadi sejumlah perubahan perilaku yang dilaporkan orang tua. Sebagian anak memiliki nafsu makan yang buruk dan sulit tidur. Sebagian lain, mungkin merasa ketakutan atau lekas marah dan tidak mau jauh dari orang tua.”

Panchal ikut menulis laporan tersebut, yang mendapati bahwa 8% anak usia antara 3 dan 17 tahun sekarang mengalami kecemasan. Angka itu naik menjadi 13% di kalangan remaja usia 12 hingga 17 tahun (ka/jm)/voaindonesia.com. []

Anak-anak di India Belajar di Bus Keliling Saat Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 Perlambat Vaksinasi Rutin Anak-anak

Pengasuhan Anak-anak Yatim Piatu Akibat Pandemi Covid-19

Ribuan Anak Jadi Yatim Piatu Saat Pandemi Covid-19

Berita terkait
Kasus Long Covid pada Anak Harus Diwaspadai
Anak-anak juga memiliki risiko paparan yang sama terhadap Covid-19 dengan orang dewasa.
0
Pandemi Covid-19 Curi Kegembiraan Anak-anak
Pandemi Covid-19 menjungkirbalikkan kehidupan banyak anak-anak di Amerika, tidak bisa menghadiri berbagai acara kegembiraan