UNTUK INDONESIA

Pameran Otomotif Internasional Tampilkan Era Mobil Listrik

Pameran internasional IAA di Frankfurt, Jerman, menampilkan perubahan yaitu bergeser kea rah baru yaitu mobil listrik
Era mobil listrik (Foto: dw.com/id)

Jakarta - Pameran internasional IAA di Frankfurt ini pernah dianggap sebagai salah satu ajang yang tidak boleh dilewatkan para pelaku bisnis dan teknologi otomotif. Sekarang, dunia otomotif sedang berubah dan mencari wajah baru yaitu era mobil listrik. Henrik Böhme menuiskannya untuk dw.com/id, 2019.

era mobilEra mobil listrik (Foto: dw.com/id)

Era mobil listrik. Kompleks pameran di Frankfurt adalah yang terluas Jerman. Karena itu penyelenggara biasanya menyediakan jasa transportasi gratis dari satu gedung ke gedung lainnya. Tahun ini, kendaraan yang dikerahkan untuk Internationale Autoaustellung (IAA) Frankfurt semuanya mobil listrik, kecuali satu kendaraan legendaris. IAA Frankfurt tahun ini berlangsung 12 sampai 22 September.

vwVW-Bus nostalgia (Foto: dw.com/id)

VW-Bus nostalgia. Semua shuttle yang IAA Frankfurt adalah mobil listrik, kecuali VW-Bus versi nostalgia ini, yang masih menggunakan bahan bakar bensin. Pabrik mobil Volkswagen sudah mengumumkan bahwa mereka dalam beberapa tahun mendatang hanya akan memproduksi mobil listrik dan menghentikan produksi mobil berbahan bakar fosil.

menciutMenciut (Foto: dw.com/id)

Menciut. Kelesuan yang melanda perekonomian global berdampak langsung pada pasar otomotif. Akibatnya, banyak pabrik mobil yang membatalkan kehadiran mereka di IAA Frankfurt. Dari 12 gedung pameran, hanya lima gedung yang dipakai tahun ini. Sisanya tidak terisi, alias kosong. Foto di atas menunjukkan suasana di gedung 6, yang biasanya digunakan pabrik mobil dari Italia.

lamborghiniLamborghini tampilkan model vintage (Foto: dw.com/id)

Lamborghini tampilkan model vintage. Lebih 30 pabrik mobil yang membatalkan kedatangannya tahun ini, sebuah pukulan bagi IAA. Banyak merek mobil mewah yangh tidak hadir, di antaranya Maserati, Rolls-Royce atau Bentley. Sementara Lamborghini tetap datang dengan model-model uniknya. Foto menunjukkan model Lamborghini "Centenario Trattori" dari tahun 1960, yang dijual seharga 250.000 Euro belum termasuk pajak.

mobil kepresidenanMobil kepresidenan Maybach S650 Pullman dari Mercedes-Benz (Foto: dw.com/id)

Mobil kepresidenan Maybach S650 Pullman dari Mercedes-Benz. Mercedes-Benz membawa model Maybach S650 Pullman, yang biasa dipesan para kepala negara dan pemerintahan. Mobil yang dilengkapi lapisan anti peluru dan anti mortir ini berkekuatan 630 tenaga kuda. Harga akhir mobil ini tergantung pesanan dan perlengkapan ekstra yang diinginkan.

mesinMesin simulasi (Foto: dw.com/id)

Mesin simulasi. Di pameran ini pabrik mobil juga menyediakan mesin simulasi pengendaraan mobil. Bagi mereka yang ingin tahu apa saja sistem asistensi pengemudi yang direncanakan untuk masa depan, bisa menjajalnya di sini. (hp/ts)/dw.com/id. []

Berita terkait
Bus Listrik Buatan Polandia Merajai Jalanan di Eropa
Polandia mungkin tidak terlalu dikenal sebagai pembuat kendaraan elektrik, tapi negara itu sekarang pembuat bus listrik terbesar Eropa
INKA Uji Coba Protipe Bus Listrik Sebelum Produksi Massal
PT INKA melakukan uji coba prototipe kendaraan listrik jenis bus ukuran medium di jalan umum di area Madiun dan jalan tol Madiun-Caruban.
Menjajal Bus Listrik Keliling Monas Saat Libur Natal
Masyarakat ibu kota dapat menjajal bus listrik Transjakarta dalam mengisi liburan Natal dan tahun baru berkeliling kawasan Monas, Jakarta Pusat.
0
Pameran Otomotif Internasional Tampilkan Era Mobil Listrik
Pameran internasional IAA di Frankfurt, Jerman, menampilkan perubahan yaitu bergeser kea rah baru yaitu mobil listrik