UNTUK INDONESIA
Olahan Kacang Gurih dari Buah Pohon Sengon
Biji buah pohon sengon dapat dikonsumsi menjadi kacang yang nikmat. Khasiatnya dapat menurunkan kolesterol, dan asam urat.
Biji pohon sengon yang di olah menjadi kacang sengon atau cangseng. (foto:internet/ist)

Jakarta - Buah pohon sengon sampai saat ini diyakini mampu mengobati atau menetralisir gejala penyakit yang ada di tubuh manusia. Khasiatnya seperti dapat menurunkan tekanan darah tinggi, kolesterol dan asam urat.

Buah sengon yang berbentuk pipih dengan satu buah berisi 15-20 biji ini, saat sudah diolah memang mirip dengan kacang. Maka tidak heran jika makanan dari biji sengon disebut dengan kacang sengon atau cangseng untuk memudahkan dalam penyebutannya.

Untuk memulai pengolahan biji sengon yang masih ada kulitnya, terlebih dahulu harus dijemur hingga pecah dan keluar dari kulitnya. Untuk penjemuran biji sengon tak cukup dilakukan hanya sekali. Bahkan harus dilakukan sebanyak dua kali agar biji benar-benar terpisah dari kulit kerasnya.

Ada juga yang melakukan pemisahan dengan kulitnya dilakukan dengan cara menggoreng menggunakan minyak goreng yang sangat panas, sehingga kulit keras itu mudah untuk dilepas dari bijinya.

Saat ini jika ingin menikmati biji sengon dapat dinikmati dengan mudah, karena sudah tersedia dalam kemasan yang disebut kacang seng atau cangseng. Untuk harganya bervariasi, hingga ada yang harga ratusan ribu.

Untuk pengolahannya menjadi kacang, cukup mudah. Yang diperlukan hanya menggoreng dengan minyak goreng yang sangat panas hingga bijinya terlepas dari kulit sengon yang sangat keras. 

Biji sengon yang sudah digoreng dan masakan kemudian diberi garam, kemudian dipilih kembali. Hal ini bertujuan untuk memisahkan sisa kulit yang masih melekat agar biji benar-benar tidak ada kulitnya, Karena kulit sengon rasanya pahit.

Kemudian biji sengon yang sudah diolah hingga menjadi kacang sengon bisa dikonsumsi, jika ingin menjualnya bisa membungkusnya dengan plastik dengan ukuran sesuai tujuan jika ingin menjualnya untuk menambah penghasilan.

Baca juga:

Berita terkait
0
Ikut Kemah, Pelajar Pematangsiantar Tewas di Danau Toba
Putri Sinambela, 16 tahun, seorang pelajar asal Kota Pematangsiantar ditemukan tewas di perairan Danau Toba.