Objek Wisata Dunia yang Mati Karena Pandemi Covid-19

Objek atau tujuan wisata di dunia yang mati karena pandemi virus corona (Covid-19) yang melanda dunia sejak awal tahun 2020
Inggris: London, Tower Bridge Jerman: München, Marienplatz

Jakarta – Objek atau tujuan wisata di dunia terlihat sepi tanpa ada wisatawan yang berkunjung akibat penyebaran (pandemi) virus corona (Covid-19) yang melanda dunia sejak awal tahun 2020. Mesti tampak seperti mati, tapi tetap memiliki pesona. Andreas Kirchhoff melaporkannya untuk dw.com/id.

wisata1Jerman: München, Marienplatz (Foto: dw.com/id)

Jerman: München, Marienplatz - Marienplatz di depan Balai Kota München terlihat seperti teater terbuka yang kosong. Biasanya, banyak pengunjung berkumpul di depan menara pengawas balai kota yang memiliki “glockenspiel”, di mana saat lonceng berbunyi, figur-figur kecil akan memainkan dua cerita dari abad ke-16. Namun, sekarang hanya ada polisi yang mengawasi karantina parsial.

wisata2Italia: Roma, Tangga Spanyol Jerman: München, Marienplatz

Italia: Roma, Tangga Spanyol - Salah satu tempat wisata uatama di kota Roma adalah Tangga Spanyol yang terletak di belakang Air Mancur Barcaccia yang berbentuk perahu. Air mancur itu mengingatkan akan keinginannya untuk selamat pada saat bencana banjir pada tahun tahun 1598. Air mancur tersebut tetap mengalir meski tidak ada orang yang melewati tangga.

wisata3Spanyol: Barcelona, Rambla Jerman: München, Marienplatz

Spanyol: Barcelona, Rambla - La Rambla biasanya ditampilkan dengan foto keramaian dan kerumunan orang, untuk menarik perhatian pada bahaya pariwisata berlebihan. Sekarang hanya ada beberapa burung merpati yang berkeliaran di bawah sinar matahari musim semi, di salah satu pusat perbelanjaan utama Barcelona itu.

wisata4Prancis: Arc de Triomphe Jerman: München, Marienplatz

Prancis: Arc de Triomphe - Bulevar utama Paris, jalan arteri utama kota, tampaknya membeku dalam waktu. Arc de Triomphe yang kesepian, beberapa kendaraan di kejauhan, dan lampu lalu lintas menyala merah.

wisata5Inggris: London, Tower Bridge Jerman: München, Marienplatz

Inggris: London, Tower Bridge - Sungai Thames juga terlihat lebih damai dari biasanya. Tidak ada kapal pesiar, tidak ada turis. Saat ini, hanya ada beberapa pejalan kaki dan kendaraan yang menyeberangi sungai di Tower Bridge.

wisata6Turki: Istanbul, Hagia Sophia Jerman: München, Marienplatz

Turki: Istanbul, Hagia Sophia - Alun-alun di depan Hagia Sophia sering menyerupai taman bermain dengan ribuan turis dan pedagang asongan. Saat ini pemandangan terlihat sangat luas hingga ke bangunan tertua dari zaman kuno. Kubah basilika dari abad ke-6 dianggap unik, dan seperti sedang menunggu untuk menunjukkan harta karunnya lagi.

wisata7Russia: Moscow, Tverskaya Street Jerman: München, Marienplatz

Russia: Moscow, Tverskaya Street - Rusia: Moskow, Tverskaya Street Peter yang Agung memasuki Moskow lewat jalan utama ini. Bulevar lebar Tverskaya Street kemudian terkenal sebagai lokasi parade militer besar. Di musim semi 2020, konvoy truk disinfektan mendominasi pemandangam jalan utama Moskow itu.

wisata8Mesir: Piramida Giza Jerman: München, Marienplatz

Mesir: Piramida Giza - Bahkan makam firaun sekarang hanya dikunjungi oleh para pekerja desinfeksi. Apakah hal ini dapat membantu kepercayaan diri wisatawan untuk berpergian, masih harus diamati. Piramida Giza telah melewati beragam krisis yang berbeda-beda sepanjang sejarah dunia.

wisata9Arab Saudi: Mekah, Ka’bah Jerman: München, Marienplatz

Arab Saudi: Mekah, Ka’bah - Mekah dianggap sebagai salah satu situs ziarah terpenting bagi umat Islam. Sekitar 3 juta umat Islam datang ke Mekah setiap tahun. Namun, pemerintah Arab Saudi telah memberlakukan lockdown sejak tanggal 2 April. Tempat yang biasanya dipadati ratusan ribu peziarah, sekarang hanya ada petugas yang menyemprotkan disinfektan di area sekitar Ka’bah.

wisata10India: Agra, Taj Mahal Jerman: München, Marienplatz

India: Agra, Taj Mahal - Banyak monumen bersejarah budaya dunia, menjadi peringatan bagaimana lokasinya saat ini dijaga ketat oleh militer. Bahkan sebuah monumen cinta, yaitu Taj Mahal di India, dijaga oleh tentara untuk mencegah orang berkerumun di sini.

wisata11AS: New York, Time Square Jerman: München, Marienplatz

AS: New York, Time Square - Times Square di New York, lokasi yang sering dianggap sebagai pusat dunia sekarang tampak mati. Semua aktivitas terhenti dan terlihat dalam keadaan menunggu untuk kembali ramai. Penyeberangan tanpa pejalan kaki, lampu lalu lintas tanpa kendaraan, toko tanpa pelanggan. Semuanya berbeda, bahkan di kota yang tidak pernah tidur.

wisata12AS: New Orleans, Bourbon Street Jerman: München, Marienplatz

AS: New Orleans, Bourbon Street - Bourbon Street yang sepi di New Orleans tampak seperti mengingatkan akan akselerasi. Di sini, virus corona dianggap hal yang sepele karena orang berpikir itu tidak akan menginfeksi mereka. Sehingga mereka tetap berbondong-bondong merayakan karnaval Mardi Gras.

wisata13Brasil: Rio de Janeiro, Copacabana Jerman: München, Marienplatz

Brasil: Rio de Janeiro, Copacabana - Pantai yang lebar, laut, dan siluet kota Rio de Janeiro. Bahkan Copacabana di Brasil, salah satu resor liburan terindah di dunia, tampaknya dilumpuhkan oleh virus corona. Hanya terlihat gelombang lembut dari pergerakan Samudera Atlantik. Suasananya seperti lagu beken Bossaa Nova: Chega de Saudade (Stop the longing).

wisata14Australia: Gedung Opera Sydney Jerman: München, Marienplatz

Australia: Gedung Opera Sydney - Gedung arsitektur ikonik di Sydney terlihat kosong dan hampa. Gedung tersebut juga mengingatkan kita untuk tetap tinggal di rumah. Pintu-pintu ditutup sampai pemberitahuan lebih lanjut, tetapi ada siaran langsung mingguan dan rekaman dari arsip yang dikirim secara digital sehingga warga bisa menonton dari rumah.

wisata15Cina: Tembok Besar Jerman: München, Marienplatz

Cina: Tembok Besar - Tembok Besar Cina dibuka kembali untuk pengunjung pada akhir Maret, setelah ditutup selama dua bulan. Sebuah foto yang menawarkan harapan: Mungkin ada, dan akan ada kebangkitan lagi dalam pariwisata! (fs/as)/dw.com/id. []

Berita terkait
Tahun 2020 yang Terburuk dalam Sejarah Pariwisata Dunia
Setelah pandemi virus corona (Covid-19) landa dunia sejak awal tahun 2020, pariwisata global alami tahun terburuk yaitu pada tahun 2020
0
Menteri Trenggono: Keramba Jaring Apung Danau Maninjau Perlu Dibenahi
Kunjungi Danau Maninjau, Menteri Trenggono Tegaskan Penataan Keramba Jaring Apung KJA Harus Berorientasi pada Kesejahteraan Masyarakat Perikanan.