Nokia Ganti Logo Untuk Pertama Kalinya Setelah Hampir 60 Tahun

Perusahaan Nokia mengumumkan rencana mengubah logo biru ikonik mereka menjadi logo baru dengan gaya tulisan yang lebih modern.
Nokia mengumumkan rencana mengubah logo perusahaan dalam acara Mobile World Congress di Barcelona, Spanyol, Minggu, 26 Februari 2023 (Tagar.id/Engadget.com)

TAGAR.id, Jakarta – Nokia, produsen teknologi mengumumkan rencana mengubah logo biru ikonik mereka, untuk pertama kalinya selama hampir 60 tahun.

Hal ini diungkap oleh perusahaan asal Finlandia tersebut sebelum pembukaan pameran Mobile World Congress alias MWC 2023 di Barcelona, Spanyol pada Minggu, 26 Februari 2023 waktu setempat.

Dalam kesempatan itu, perusahaan meluncurkan logo baru Nokia tersebut dengan model gaya tulisan yang lebih modern.

Logo baru terdiri dari lima bentuk tipografi berbeda yang membentuk kata NOKIA. Warna latar logonya juga tidak lagi hanya biru, namun berbeda-beda tergantung penggunaannya.

CEO Nokia Pekka Lundmark mengatakan kehadiran logo baru ini menandakan perubahan strategi di masa mendatang.

“Kami sedang memperbarui strategi kami, dan, sebagai pendukung utama, kami juga memperbarui merek kami untuk mencerminkan siapa kami saat ini: pemimpin inovasi teknologi bisnis-ke-bisnis yang memelopori masa depan di mana jaringan bertemu cloud,” kata Pekka Lundmark, CEO Nokia, di unggahan blog.

Ia mengaku logo baru ini terkait dengan fokus pada jaringan industri.

“Di benak banyak orang, kami masih merupakan merek ponsel yang sukses, tetapi ini bukan tentang Nokia,” kata Lundmark dalam pernyataan terpisah kepada Bloomberg.

“Kami ingin meluncurkan merek baru yang sangat berfokus pada jaringan dan digitalisasi industri, yang adalah hal yang sama sekali berbeda dari ponsel lama,” lanjut dia.

Lundmark menyusun rencana dengan tiga tahap setelah mengambil alih posisi CEO Nokia pada tahun 2020.

Adapun tiga tahapan tersebut adalah reboot, akselerasi, dan perpanjangan. Lundmark menyatakan, fase kedua akan dimulai setelah fase restart selesai.

“Penekanan utama Nokia sekarang adalah menjual perangkat ke perusahaan lain, meskipun masih berharap untuk memperluas perusahaan penyedia layanannya,” katanya.

Selain mengembangkan bisnis peralatan telekomunikasi, Nokia akan fokus menjual peralatan ke bisnis lain.

Itu termasuk jaringan 5G privat dan peralatan untuk pabrik otomatis, yang akan memposisikan perusahaan sebagai pesaing Microsoft dan Amazon di lapangan.

Lebih jauh lagi, apa arti logo baru ini? “Logo baru perusahaan ini melambangkan Nokia yang berenergi, dinamis, dan modern, menunjukkan nilai-nilai dan tujuannya.”

“Ini telah dirancang sebagai simbol kolaborasi, yang Nokia yakini sangat penting untuk mewujudkan potensi eksponensial jaringan, yakni membuka keuntungan dalam keberlanjutan, produktivitas, dan aksesibilitas,” kata perusahaan. []

Berita terkait
Dibuat dari Bahan Daur Ulang, Begini Spesifikasi Nokia X30 5G dan Nokia GG60 5G
Nokia resmi merilis dua smartphone terbarunya, yakni Nokia X30 5G dan Nokia GG60 5G. Kedua smartphone ini dibuat dengan material daur ulang.
Spesifikasi Nokia C31, Ponsel Dengan Layar Lega
HMD Global selaku pemilik lisensi Nokia merilis secara global ponsel terbarunya, yakni Nokia C31 pada Kamis, 1 September 2022.
Nokia Gugat Oppo dan Realme Rp 2,38 Triliun Soal Hak Paten
Nokia menggugat Oppo dan Realme senilai Rp 2,38 triliun terkait hak paten penggunaan jaringan 3G dan 4G.