UNTUK INDONESIA

Nintendo Switch Sukses Jadi Konsol Game Terlaris di AS

Secara keseluruhan, konsol Nintendo Switch sudah terjual sebanyak 22,5 juta unit di Amerika Serikat.
Konsol Nintendo Switch. (Foto: Tagar/The Verge)

Jakarta - Perangkat game milik Nintendo, yakni Switch, berhasil menjadi konsol game terlaris di Amerika Serikat (AS). Nintendo Switch berhasil mengalahkan konsol game lain, seperti Xbox dan PlyaStation yang baru-baru ini meluncurkan generasi terbarunya.

Berdasarkan data dari NPD Group, disebutkan bahwa pada Oktober 2020, terdapat 375 ribu konsol Nintendo Switch dan Switch Lite terjual di AS. Jumlah penjualan ini meningkatkan drastis sebesar 136 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Secara keseluruhan, konsol Nintendo Switch sudah terjual sebanyak 22,5 juta unit di Amerika Serikat. Sementara, secara global perangkat game ini sudah berhasil terjual sebanyak 68 juta unit.

Nintendo mengatakan bahwa semua jumlah penjualan ini didapat dari pemanfaatan momentum selama pandemi Covid-19. Pasalnya, selama pandemi, banyak orang yang menghabiskan waktu di rumah, dan bermain game adalah salah satu cara orang untuk menghabiskan waktu di rumah.

"Kami sangat bersemangat melihat momentum ini. Pandemi Covid-19 banyak orang untuk berdiam diri di rumah, dan memiliki lebih banyak waktu untuk bermain di rumah," kata SVP of sales and marketing di Nintendo of America, Nick Chavez, sebagaimana dikutip Tagar dari The Verge, Senin, 16 November 2020.

Memang selama masa pandemi ini, banyak konsumen yang sulit mendapatkan konsol Nintendo Switch di toko-toko game yang ada di AS. Namun, sejauh ini pihak Nintendo telah memaksimalkan pasokan Switch sehingga konsumen bisa lebih mudah untuk mendapatkan konsol ini.

Kesuksesan penjualan Switch di bulan Oktober lalu juga tidak luput dari kepopuleran game Animal Crossing: New Horizon yang dapat dimainkan di konsol ini. Selain itu segmen penjualan Switch juga sejak Oktober lalu sudah mulai banyak diminati oleh pengguna wanita dan juga orang tua.

"Tahun ini banyak pertumbuhan kami telah didorong oleh masuknya wanita bermain Nintendo Switch, lebih banyak anak-anak dan remaja bermain Nintendo Switch, serta orang tua," kata Chavez.

Mungkin ke depannya, penjualan Switch bisa saja disaingi dengan diluncurkannya PlayStation 5 (PS 5) dan Xbox Series S serta Xbox Series X. Namun Nintendo optimis bahwa kehadiran tiga konsol game baru ini tidak akan berdampak besar bagi penjualan Switch di pasaran.

"Selalu seru ketika konsol baru masuk ke marketplace video game. Sangat menyenangkan melihat PS5 dan Xbox Series S dan X datang ke pasar. Tetapi kami berpikir bahwa Nintendo Switch menempati posisi yang pada dasarnya berbeda, dan benar-benar memiliki proposisi unik untuk pembeli dan pemain," ujar Chaves.[]

Berita terkait
Nintendo akan Rilis Switch Pro Tahun 2021
Nintendo dilaporkan akan merilis Nintendo Switch Pro pada tahun 2021 dengan kemampuan yang ditingkatkan untuk grafis 4K.
Foto: Penampakan Nintendo Switch Lite, Pengusir Jenuh
Nintendo menyebut konsol ini, dapat memainkan seluruh game Switch yang mendukung modus handheld.
Rilis di Indonesia, Catat Harga dan Tanggal Pre-Order PS 5
PlayStation 5 akan dirilis di Indonesia pada awal tahun 2021. Berikut adalah daftar harga, game, dan jadwal pre-order untuk PS 5.
0
Nintendo Switch Sukses Jadi Konsol Game Terlaris di AS
Secara keseluruhan, konsol Nintendo Switch sudah terjual sebanyak 22,5 juta unit di Amerika Serikat.