Jakarta - Pendiri dan CEO platform pemasaran Narrators, Laurent Verrier, mengungkapkan 89 persen konsumen mengambil keputusan untuk belanja produk karena dipengaruhi konten media sosial. Gejala itu berkaitan dengan perkembangan era digital yang makin pesat.
Membeli produk saat menyimak akun-akun para influencer digital.
Ia menuturkan, perkembangan pada era digital khususnya dalam belanja produk juga memuat data bahwa 61 persen konsumen lebih percaya influencer mikro dalam hal konten.
"Begitu pula dengan kaum milenial, 61 persen dari mereka mengambil keputusan untuk membeli produk saat menyimak akun-akun para influencer digital," kata Laurent melalui keterangan resminya, Rabu, 11 November 2020.
Laurent menyampaikannya setelah melakukan kerja sama dengan Gojek merilis platform untuk mendukung para pedagang yang sebagian besar merupakan UMKM dalam memperluas jangkauan konsumen untuk meningkatkan penjualan produk dan layanan.
Seperti diketahui, data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengungkapkan jumlah pengguna internet di Indonesia tahun 2017 telah mencapai 143,26 juta jiwa atau setara dengan 54,68 persen dari total jumlah penduduk Indonesia
Sedangkan penelitian yang dilakukan oleh Prasad, Gupta, & Totala pada tahun yang sama dengan rilisnya data APJIII, menyebutkan media pilihan masyarakat dunia dan bisa memengaruhi perilaku konsumen adalah media sosial.
Di media sosial, informasi terkini dapat diakses melalui beragam gadget yang memungkinkan seseorang melakukan perbandingan dan interaksi dengen suatu merek sehingga dianggap efektif dalam memengaruhi perilaku konsumen untuk membeli.
Apakah hal itu terjadi saat momen Hari Belanja Nasional (Harbolnas) 11.11 pada hari ini, Rabu, 11 November 2020?