UNTUK INDONESIA

Sebanyak 89 Persen Konsumen Belanja karena Media Sosial?

Sebanyak 89 persen konsumen mengambil keputusan untuk belanja produk karena dipengaruhi konten media sosial.
Ilustrasi belanja online. (Foto: Pixbay/Mediamodifier).

Jakarta - Pendiri dan CEO platform pemasaran Narrators, Laurent Verrier, mengungkapkan 89 persen konsumen mengambil keputusan untuk belanja produk karena dipengaruhi konten media sosial. Gejala itu berkaitan dengan perkembangan era digital yang makin pesat.

Membeli produk saat menyimak akun-akun para influencer digital.

Ia menuturkan, perkembangan pada era digital khususnya dalam belanja produk juga memuat data bahwa 61 persen konsumen lebih percaya influencer mikro dalam hal konten.

"Begitu pula dengan kaum milenial, 61 persen dari mereka mengambil keputusan untuk membeli produk saat menyimak akun-akun para influencer digital," kata Laurent melalui keterangan resminya, Rabu, 11 November 2020.

Belanja onlineIlustrasi belanja online (Foto: Pexels)

Laurent menyampaikannya setelah melakukan kerja sama dengan Gojek merilis platform untuk mendukung para pedagang yang sebagian besar merupakan UMKM dalam memperluas jangkauan konsumen untuk meningkatkan penjualan produk dan layanan.

Seperti diketahui, data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengungkapkan jumlah pengguna internet di Indonesia tahun 2017 telah mencapai 143,26 juta jiwa atau setara dengan 54,68 persen dari total jumlah penduduk Indonesia

Sedangkan penelitian yang dilakukan oleh Prasad, Gupta, & Totala pada tahun yang sama dengan rilisnya data APJIII, menyebutkan media pilihan masyarakat dunia dan bisa memengaruhi perilaku konsumen adalah media sosial.

Ilustrasi belanjaIlustrasi belanja. (Foto: Pixabay)

Di media sosial, informasi terkini dapat diakses melalui beragam gadget yang memungkinkan seseorang melakukan perbandingan dan interaksi dengen suatu merek sehingga dianggap efektif dalam memengaruhi perilaku konsumen untuk membeli.

Apakah hal itu terjadi saat momen Hari Belanja Nasional (Harbolnas) 11.11 pada hari ini, Rabu, 11 November 2020? 

Berita terkait
Kebaya Indonesia Didorong Jadi Warisan Budaya UNESCO
Busana tradisional asli Indonesia bernama kebaya akan didorong menjadi warisan budaya dunia ke UNESCO.
Tiga Cara Ampuh Hilangkan Kecanduan Belanja Online
Anda telah kecanduan belanja online. Apakah kebiasaan itu bisa dihilangkan? Tentu bisa.
4 Jenis Kejahatan Dunia Maya Perlu Diperhatikan Wanita
Kejahatan kerap terjadi pada wanita. Tak hanya dalam bentuk fisik, tetapi juga keamanan dunia maya. Mencegahnya, kenali 4 jenis ini ya girls!
0
2 Bulan Mulus Edarkan Ganja di Yogyakarta, Kini Tak Berkutik
Dua pemuda ditangkap Polresta Yogyakarta karena mengedarkan ganja. Keduanya sukses edarkan barang haram dua bulan dengan sasaran generasi muda.