UNTUK INDONESIA
Diego Maradona Dukung Napoli Ketimbang Barcelona
Napoli didukung legenda Argentina Diego Maradona saat melawan Barcelona di laga pertama 16 Besar Liga Champions pukul 03.00 dini hari WIB nanti.
Napoli didukung legenda Argentina Diego Maradona saat melawan Barcelona di laga pertama 16 Besar Liga Champions di Stadion San Paolo, Rabu, 26 Februari 2020 pukul 03.00 dini hari WIB. (Foto: sscnapoli.it)

Jakarta - Napoli dapat dukungan moral dari sang legenda, Diego Maradona di pertandingan Liga Champions. Saat menghadapi raksasa La Liga Spanyol, Barcelona, di laga pertama babak 16 Besar di Stadion San Paolo, Rabu, 26 Februari 2020 dini hari WIB, Maradona memilih mendukung Napoli ketimbang Barca yang juga pernah diperkuatnya.

Maradona tercatat dua kali menjadi pemain termahal di dunia saat direkrut Barca dan kemudian Napoli. Legenda Argentina ini dibeli Barca dari Boca Juniors pada 1982 yang memecahkan rekor transfer dunia saat itu. 

Hanya bertahan dua tahun dengan memberi Copa de Rey dan Piala Super Spanyol, Maradona kemudian dibeli Napoli pada 1984. Kepindahannya pun memecahkan rekor transfer saat direkrut klub Italia itu dengan harga 6,9 juta poundsterling. 

Tak diragukan, hati saya bersama tim Napoli dan masyarakat Napoli

Maradona menjadi bagian penting Napoli selama enam tahun. Dia memberi dua titel liga, Supercoppa Italiana, Coppa Italia dan Piala UEFA Cup. 

Maradona dianggap paling berjasa mengangkat sepak bola Napoli dan wilayah Italia Selatan yang selama ini dipandang sebelah mata oleh tim-tim utara yang kaya-raya seperti duo Milan dan Juventus. Bagi masyarakat Napoli, Maradona sudah dianggap sebagai dewa. 

Ingat, laga semifinal Piala Dunia 1990 yang mempertemukan tuan rumah Italia melawan Argentina yang menjadi sebuah ironi. Bagaimana tidak, laga itu digelar di San Paolo yang merupakan kandang Napoli. Masyarakat Napoli setempat sampai terbelah dan akhirnya memilih mendukung Argentina yang diperkuat Maradona meski ada pula mendukung Italia. 

Lebih ironis lagi karena Argentina yang menang 4-3 lewat adu penalti. Dan, penendang keempat Argentina yang menentukan kemenangan tak lain Maradona!

Kecintaan Napoli terhadap sang legenda yang membawa La Albiceleste menjadi juara di Piala Dunia 1986 ini menjadikan Maradona pun mendukung Partenopei saat menghadapi Barca. 

Tak soal bila Blaugrana pernah diperkuatnya dan memiliki bintang asal Argentina pula, Lionel Messi. Bahkan keduanya kerap diperbandingkan. Dan, seperti pemain Argentina lain, Messi pun mengidolakan Maradona. 

"Tak diragukan, hati saya bersama tim Napoli dan masyarakat Napoli," kata Maradona seperti dikutip Football Italia. "Terutama saat menghadapi pertandingan sulit seperti ini," ujarnya. 

Pique Sebut Messi yang Terbaik 

Sementara, bek Barca Gerard Pique mengakui bila laga tersebut dikaitkan dengan Maradona yang pernah menjadi bagian penting bagi kedua klub tersebut. Saat disinggung siapa yang terbaik, Pique pun menyebut Messi karena menunjukkan konsistensinya selama puluhan tahun. 

"Tentang Maradona, semua sudah dijelaskan. Dia memang pemain yang unik yang telah memberi kontribusi besar di olah raga. Dia pernah bermain untuk Barca dan kemudian Napoli," ujar Pique. 

"Dia akan dikenang selamanya. Namun bila Anda bertanya kepada saya perbandingan antara Maradona dan Leo, saya memilih Messi karena konsistensinya," kata bek timnas Spanyol ini.   

 Menurut Pique tak soal siapa yang didukung Maradona, dia hanya ingin memastikan Barca meraih hasil positif di laga tersebut. 

"Ini memang untuk kali pertama kami bermain di San Paolo. Namun yang lebih penting adalah kami ingin meraih hasil bagus saat meninggalkan tempat ini," ucap Pique. []

Berita terkait
Liga Champions Malam Ini Napoli vs Barcelona
Malam ini pembuktian kemampuan pelatih baru Barcelona, Quique Setien, ketika Barca bertamu ke kandang Napoli, Italia, dalam lanjutan Liga Champions
Inter Vs Napoli, Kalah Conte Sindir Gattuso
Inter Milan kalah 0-1 saat menjamu Napoli di semifinal pertama Coppa Italia. Buntutnya pelatih Antonio Conte sindir pelatih Gennaro Gattuso.
Lionel Messi Tepis Rumor Hengkang dari Barcelona
Penyerang Barcelona, Lionel Messi, menepis rumor yang mengatakan dia akan hengkang dari Barcelona. Messi sebut Barcelona adalah rumahnya
0
Tips Merawat Hewan Agar Tidak Terinfeksi Covid-19
Ada beberapa pesan Kepala Rumah Sakit Hewan Pendidikan Institut Pertanian Bogor (IPB) Deni Noviana agar hewan terhindar dari virus corona Covid-19.