UNTUK INDONESIA
Nama 8 Caleg DPRD Jatim Dapil 1 Lolos Pemilu 2019
Nama delapan Caleg DPRD Jatim Dapil 1 yang diprediksi lolos Pemilu 2019 dirilis Lembaga survei Surabaya Consulting Group (SCG).
Gedung DPRD Jawa Timur. (Foto: Dok Tagar)

Jakarta - Wajah baru mendominasi caleg DPRD Jatim yang diprediksi akan lolos sebagai wakil rakyat, hanya dua petahana yang diprediksi bertahan. Di luar kedua nama itu, berdasarkan hasil Pemilu 2019 (hasil Pileg 2019 Jawa Timur) terdapat enam caleg lainnya yang juga diprediksi lolos.

Lembaga survei Surabaya Consulting Group (SCG) merilis hasil hitung cepat (quick count) untuk Pemilu 2019 tingkat Jawa Timur, Selasa 23 April 2019. Yakni, hasil quick count Pileg 2019 DPRD Jawa Timur Dapil 1 (Kota Surabaya).

Dari 16 partai peserta pemilu, menurut lembaga survei SCG, ada tujuh partai yang diprediksi lolos ke DPRD Jatim dari Dapil Surabaya. Partai-partai tersebut yaitu PDI Perjuangan, PKB, Gerindra, PKS, Demokrat, Golkar, dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Caleg DPRD Jatim Dapil 1 yang diprediksi lolos:

1. Agatha Retnosari, Anggota DPRD Jatim dari PDI Perjuangan (petahana)

Agatha Retnosari adalah salah satu anggota Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur. Ia pernah menjadi peserta Konferensi Nasional MAMPU Perempuan Inspirasi Perubahan tahun 2015.

2. Hartoyo, Anggota DPRD Jatim dari Partai Demokrat (petahana)

Hartoyo lahir di Kota Surabaya, 3 April 1965. Dia merupakan lulusan S2 yang berprofesi sebagai Anggota DPRD Provinsi 2014-2019.

3. Armuji dari PDI Perjuangan

Selain menjabat Ketua DPRD Kota Surabaya Armuji, dia juga dipercaya memimpin Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia (Adeksi) periode 2015-2020.

4. Syamsul Arifin dari PKB

Syamsul Arifin merupakan mantan Ketua PKB Surabaya yang kini menjadi Caleg DPRD Jatim Dapil 1.

5. Hadi Dediyansah dari Gerindra

Hadi Dediyansah adalah Ketua Tim Media Centre Badan Pemenangan Provinsi (BPP) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno Jatim.

6. Arif Hari Setiawan dari PKS

Arif Hari Setiawan merupakan Ketua Umum DPW PKS Jawa Timur. Memimpin 38 DPD PKS se-Jawa Timur yang juga dipercaya untuk menjadi Caleg DPRD Jatim Dapil 1.

7. Blegur Prijanggono dari Golkar

Blegur Prijanggono merupakan Ketua DPD II Partai Golkar Kota Surabaya.

8. Sally Azaria dari PSI atau Agustin Poliana/Yordan M Batara Goa dari PDI Perjuangan

Sally Azaria adalah Dosen Universitas Kristen Petra, Surabaya yang juga seorang pebisnis. Agustin Poliana Titin adalah kader PDI Perjuangan yang juga menjabat Ketua Komisi D DPRD Kota Surabaya. Yordan M Batara Goa adalah Lecturer Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.

"Kursi kedelapan diperebutkan tiga nama. Sally Azaria (PSI), Agustin Poliana (PDIP), dan Yordan M Bataragoa (PDIP)," kata Direktur Eksekutif SCG, Didik Prasetiyono.

Namun, pihaknya belum menghitung prosentase pemilih yang mencoblos partai atau caleg. "Kami belum memastikan prosentase pemilih yang memilih caleg atau mencoblos partai," kata Didik.

Menurutnya, kepastian partai yang lolos masih harus menunggu hasil resmi rekapitulasi real count KPU Pemilu 2019. []

Baca juga:

Berita terkait
0
Pasien Suspect Corona di Padang Demam Biasa
Pasien yang sempat diisolasi di RSUP M Djamil Padang, Sumatera Barat, dinyatakan negatif terpapar virus corona.