Nakes yang Dapat Vaksin Moderna Aman, Belum Ada KIPI Serius

Kabar baik, nakes yang dapat booster vaksin Moderna aman sehingga tak ada KIPI serius. Vaksin itu memiliki efikasi 94%.
Vaksin Moderna. (Foto: Tagar/Satgas Penanganan Covid-19)

Jakarta - Pemerintah telah memulai penyuntikan ketiga vaksin corona kepada tenaga kesehatan (nakes) sejak pekan lalu. Booster menggunakan vaksin Moderna ini bertujuan memberikan perlindungan ekstra bagi nakes yang tengah berjuang menghadapi lonjakan pasien Covid-19.

Kabar baiknya, hingga kini belum ada laporan terkait Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) serius dari para nakes yang mendapat booster vaksin Moderna. Hal ini diungkapkan Ketua Komnas KIPI Prof. Hindra Irawan Satari.

“Alhamdulillah. Tidak ada [KIPI] serius,” kata Hindra dikutip dari  kumparan, Selasa, 20 Juli 2021.

Hari Jumat, 16 Juli lalu, booster vaksin pertama dilakukan terhadap tenaga kesehatan di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta. Sebanyak 50 Guru Besar FKUI dan sejumlah dokter mendapatkan vaksinasi di RS tersebut, ditinjau langsung oleh Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin dan Wakil Menteri Kesehatan dr. Dante Saksono Harbuwono.


Semua vaksin bagus, dan baik suntikan dasar dan booster sama amannya.


Para nakes yang mendapat booster ialah mereka yang telah mendapat dua dosis vaksin Sinovac. Berkaitan dengan ini, Hindra pun menegaskan bahwa pemberian vaksin Moderna bagi para nakes setelah mereka mendapat dosis penuh vaksin Sinovac aman.

“Semua vaksin bagus, dan baik suntikan dasar dan booster sama amannya,” tandas dia.

Vaksin Moderna dari AS yang memiliki efikasi 94% sudah tiba RI sebanyak 4.500.160 dosis. Vaksin itu pun sudah mendapat emergency use authorization dari BPOM dan dialokasikan untuk program vaksin pemerintah. Namun vaksin ini akan lebih dulu diprioritaskan bagi nakes. []


Baca juga

Berita terkait
1,5 Juta Dosis Vaksin Moderna Dari Amerika Tiba di Tanah Air
Pemerintah kembali amankan pasokan vaksin Covid-19 yang diperlukan untuk vaksinasi nasional dengan kedatangan 1,5 juta dosis vaksin jadi Moderna
Vaksin Covid-19 Moderna untuk Rakyat dan Booster Tenaga Kesehatan
Vaksin Covid-19 Moderna akan digunakan untuk vaksinasi rakyat Indonesia dan juga sebagai suntikan ketiga atau booster bagi para tenaga kesehatan
BPOM: Vaksin Moderna Belum Bisa Dipakai untuk Anak
Kepala BPOM Penny Lukito mengatakan bahwa vaksin Covid-19 Moderna asal Amerika Serikat belum bisa digunakan terhadap anak usia di bawah 18 tahun.
0
Nakes yang Dapat Vaksin Moderna Aman, Belum Ada KIPI Serius
Kabar baik, nakes yang dapat booster vaksin Moderna aman sehingga tak ada KIPI serius. Vaksin itu memiliki efikasi 94%.