UNTUK INDONESIA

Mulai 2021, HP Android Jadul Tidak Akan Bisa Akses Website

Ponsel-ponsel yang menjalankan sistem operasi Android Nougat 7.1.1 atau di bawahnya tidak dapat mengakses sebagian besar web di browser.
Ilustrasi ponsel jadul. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Para pengguna ponsel Android keluaran lama alias jadul nampak harus segera menggantinya dengan ponsel baru. Pasalnya, mulai tahun depan, HP jadul ini tidak akan bisa digunakan untuk mengakses laman website.

Melansir laman Android Police, Kamis, 12 November 2020, Let's Encrypt telah mengingatkan para pengguna ponsel Android lawas bahwa mulai tahun 2021, ponsel-ponsel tersebut tidak akan mempercayai sertifikat root. Sebagai informasi, Let's Encrypt adalah otoritas sertifikasi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses web dengan aman.

Ponsel-ponsel yang menjalankan sistem operasi Android Nougat 7.1.1 atau di bawahnya tidak dapat mengakses sebagian besar web di browser. Mulai 11 Januari 2021, Let's Encrypt akan menghentikan semua penandatanganan silang sertifikat default. Kemudian pada 1 September, seluruh kemitraan penandatanganan silang akan dihentikan total, sebagaimana dikutip dari Mashable, Kamis, 12 November 2020.

Pun demikian, masih ada solusi agar para pengguna ponsel Android jadul tetap bisa mengakses web di browser, yakni menggunakan Mozilla Firefox. Pengguna harus menggunakan peramban Mozilla Firefox sebagai browser web default di ponsel mereka.

Mozilla merupakan mitra dari Let's Encrypt, yang dimana perusahaan menggunakan penyimpanan sertifikatnya sendiri. Hal ini memungkinkan pengguna Mozilla Firefox untuk mengakses internet secara keseluruhan.

Ini merupakan cara satu-satunya jika ingin ponsel jadul pengguna tetap bisa mengakses web. Jika pengguna tidak ingin mengubah web ke Mozilla Firefox, solusi lainnya adalah mengganti ponsel dengan keluaran terbaru.

Sebagai catatan, sertifikat Let's Encrypt telah digunakan oleh sekitar 30 persen dari semua domain web di dunia. Jika pengguna tidak menjalankan salah satu dari solusi di atas, maka siap-siap akan keluar dari akses ke jutaan situs web.[]

Berita terkait
Ponsel Ber-RAM 2GB Tidak akan Didukung Android 11
Seluruh perangkat dengan RAM 2GB tidak akan mendapat pembaruan Android 11. Ponsel ber-RAM 2GB akan diluncurkan sebagai perangkat Android Go.
Tujuh Malware Mematikan Menyerang Ponsel Android
Gawai pintar yang terserang malware akan beroperasi lebih lambat dan kerap memunculkan berbagai iklan tidak penting atau adware.
Ponsel Android Ini Terdampak Serangan Siber Zero Day
Kerentanan berada dalam kode kernel sistem operasi Android dan dapat digunakan untuk membantu penyerang mendapatkan akses root ke perangkat.
0
BNNP Sumbar Bakar 53 Kilogram Ganja Milik 2 Tersangka
BNNP Sumatera Barat memusnahkan sebanyak 53,1 kilogram ganja dari tangan dua pelaku.