Muannas Soal Uang Rp 2 T: Kalau Terbukti Bohong Tangkap Aja

Muannas Alaidid mendukung semua pihak yang memiliki kelebihan finansial untuk membantu penanggulangan pandemi Covid-19.
Direktur Eksekutif Komite Pemberantasan Mafia Hukum (KPMH) Muannas Alaidid. (Foto: Tagar/Dok Pribadi)

Jakarta - Direktur eksekutif Komite Pemberantasan Mafia Hukum (KPMH) Habib Muannas Alaidid mendukung semua pihak yang memiliki kelebihan finansial untuk membantu penanggulangan pandemi Covid-19.

Bantuan tersebut bisa berupa apapun yang bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar, khususnya yang terdampak langsung.

Menurut Muannas, bantuan apapun yang memiliki nilai manfaat dalam upaya membantu penanggulangan Covid-19 akan diapresiasi oleh siapapun tanpa terkecuali.

“Situasi pandemi hari ini kalau ada orang sumbang apapun makanan, obat, tenaga, alat kesehatan dan sebagainya, pasti banyak yang mendukung,” kata Muannas, Selasa, 3 Agustus 2021.


Apalagi berupa uang dengan nilai fantastis 2 T, tapi kalau belakangan hari terbukti melanggar hukum menyebarkan kebohongan, sudah betul itu tangkap aja.


Termasuk kata Muannas adalah janji keluarga Akido Tio yang disebut-sebut akan menghibahkan uang sebesar Rp2 triliun untuk membantu penanggulangan pandemi Covid-19 di Sumatera Selatan.

Namun apapun itu, menurut dia, kejujuran harus ditanamkan. Ketika justru sesumbar akan menyalurkan duit sebanyak itu yang pada akhirnya tidak teralisasi karena bermotif melanggar pidana, maka proses hukum perlu dilakukan.

Karena dikhawatirkan, narasi-narasi dusta bisa bermunculan bila tidak ditindaklanjuti dengan tegas. Apalagi narasi-narasi negatif tentu tidak diharapkan terjadi di tengah-tengah negara sedang berjuang keras menanggulangi pandemi Covid-19.

“Apalagi berupa uang dengan nilai fantastis 2 T, tapi kalau belakangan hari terbukti melanggar hukum menyebarkan kebohongan, sudah betul itu tangkap aja,” ujarnya. []

Baca Juga: Penyaluran KUR Sektor Pertanian Rp 42,7 Triliun di Tahun 2021

Berita terkait
Profil Akidi Tio, Donasi Rp 2 Triliun untuk Penanganan Covid
Baru-baru ini nama almarhum Akidi Tio sedang menjadi pusat pembicaraan publik usai keluarga besarnya memberikan bantuan senilai Rp 2 triliun.
Terharu Akan Berita Pandemi, Akidi Tio Sumbang 2 Triliun
Salah satu alasan keluarga mendiang Akidi Tio tergerak untuk membantu karena sedih mendengar kematian teman-temannya akibat Covid-19.
Penyaluran KUR Sektor Pertanian Rp 42,7 Triliun di Tahun 2021
Penyaluran KUR pada tahun 2021 telah mendekati pola normal sebelum pandemi Covid-19 dengan rata-rata penyaluran Rp 21,84 triliun per bulan
0
Turis ke Inggris Tanpa Karantina Jika Sudah Vaksinasi Lengkap
Inggris membuka perbatasannya untuk pelancong yang telah divaksinasi Covid-19 dosis lengkap dari AS dan sebagian besar Uni Eropa