UNTUK INDONESIA
Mobil Terbang PAL-V Liberty Dapat Izin Mengaspal di Eropa
PAL-V Liberty akan diperbolehkan untuk beroperasi di jalan raya yang ada di kawasan negara-negara Uni Eropa.
Mobil terbang PAL-V Liberty. (Foto: Tagar/Top Gear)

Jakarta - Mobil terbang garapan Belanda, PAL-V Liberty telah mendapatkan izin resmi untuk mengaspal di jalan umum di wilayah Eropa. Izin beroperasi diberikan karena PAL-V sudah menjalankan serangkaian tes kelayakan dari segi spesifikasi yang dibutuhkan sebuah kendaraan di jalan.

Melansir laman TimesNow, Minggu, 1 November 2020, setelah mengantongi izin mengaspal, PAL-V Liberty akan diperbolehkan untuk beroperasi di jalan raya yang ada di kawasan negara-negara Uni Eropa. Dengan demikian, PAL-V Liberty dinobatkan sebagai mobil terbang pertama di dunia yang legal di jalan raya.

Mobil terbang garapan perusahaan otomotif asal Belanda, PAL-V ini, sudah menjalni pengujian seperti pengereman, kecepatan, emisi, hingga polusi suara. Dari hasil pengujian tersebut, PAL-V Liberty bisa mendapatkan plat nomor layaknya kendaraan yang ada di jalan raya.

PAL-V LibertyMobil terbang PAL-V Liberty. (Foto: Tagar/Autocar India)

Chief Technology Officer (CTO) PAL-V, Mike Stekelenburg, mengatakan pihak perusahaan sangat bergembira dengan pencapaian mobil terbang garapannya tersebut. Dia mengungkapkan bahwa PAL-V Liberty telah menjalani kerja sama dengan otoritas jalan selama bertahun-tahun untuk bisa mengantongi izin mengaspal.

"Bagi saya, trik untuk berhasil membuat mobil terbang adalah memastikan bahwa desainnya sesuai dengan regulasi udara dan jalan raya. Saya merasakan energi dan motivasi dalam tim kami untuk bekerja keras selama beberapa pencapaian terakhir dan hingga akhirnya Liberty mendapatkan sertifikasi untuk terbang," kata Mike.

Meskipun sudah mendapatkan izin mengaspal di jalan umum, namun perjalanan PAL-V Liberty untuk bisa beroperasi di udara dan jalan raya masih perlu beberapa tahap lagi. Mobil terbang ini garys menjalani tes ketahanan di berbagai trek jalan raya yang ada di kawasan Eropa.

Setelah itu, PAL-V juga harus mendapatkan sertifikasi layak terbang dari European Aviation Safety Agency (EASA). Kabarnya, izin terbang dari EASA ini akan dikeluarkan pada tahun 2022 mendatang.

Mobil terbang PAL-V Liberty Pioneer Edition ini pertama kali diperkenalkan dalam ajang Geneva Motor Show 2019. Mobil terbang edisi pertama ini diproduksi dengan jumlah terbatas, yakni 90 unit saja dan hingga kini semuanya sudah dipesan oleh konsumen. PAL-V Liberty dibanderol dengan harga 599.000 dolar AS atau sekitar Rp 8,4 miliar di Amerika Serikat.

PAL-V LibertyMobil terbang PAL-V Liberty. (Foto: Tagar/Men\'s Gear)

Secara visual, Pal-V Liberty terlihat seperti mobil modern dengan tiga roda tetapi atapnya dilengkapi dengan rotor yang dapat dilipat yang membantu kendaraan terbang. Eksteriornya menggunakan material karbon di seluruh bodi dengan skema dua warna (dual tone). Sementara interior lebih banyak mengandalkan aluminium ringan dan tahan lama, serta menggunakan kulit berkualitas tinggi.

Saat dikendarai di jalanan, mobil terbang ini dapat mencapai kecepatan tertinggi 150 km per jam dan memiliki 99 bhp. Namun saat dalam mode penerbangan, mobil terbang Pal-V Liberty dapat mencapai kecepatan maksimal 180 km per jam dan dapat mengudara untuk jarak tempuh hingga 500 km.[]

Berita terkait
Hyundai Kembangkan Mobil Terbang Untuk Orang dan Barang
Hyundai Kembangkan mobil terbang untuk mengatasi kemacetan yang bisa mengangkut 5-6 orang.
Jepang Berhasil Uji Coba Mobil Terbang Berpenumpang
Mobil terbang bernama SD-03 ini disebut juga vertical takeoff and landing (VTOL) dengan basis tenaga listrik terkecil di dunia.
Mobil Terbang Kini Sudah Kantongi Izin Mengaspal
Regulasi yang tercantum dalam NH HB1517 menjadi penanda bahwa mobil terbang telah mengantongi izin beroperasi di jalan raya di New Hampshire, AS.
0
Mobil Terbang PAL-V Liberty Dapat Izin Mengaspal di Eropa
PAL-V Liberty akan diperbolehkan untuk beroperasi di jalan raya yang ada di kawasan negara-negara Uni Eropa.