Mobil Tanpa Pengemudi Paling Canggih Australia ZOE2 Jajal Jalanan di Pedalaman Queensland

Para ahli mengatakan hal itu bisa terjadi dalam waktu dekat dengan pengembangan mobil tanpa pengemudi
Mobil tanpa pengemudi diuji coba di pedalaman Queensland, Australia (Foto: abc.net.au/indonesian - Supplied: Department of Transport and Main Roads)

Oleh: Emily Dobson dan Larissa Waterson - ABC North West Qld

TAGAR.id – Mobil tanpa pengemudi 'paling canggih' Australia ZOE.2 menyusuri jalan di pedalaman Australia.

Bayangkan melakukan perjalanan darat sendirian tanpa harus menyentuh setir, tidur siang di dalam mobil saat melaju di jalan raya, atau berada di belakang kemudi tanpa SIM.

Para ahli mengatakan hal itu bisa terjadi dalam waktu dekat dengan pengembangan mobil tanpa pengemudi.

Minggu ini, ZOE.2, mobil otonom tercanggih di Australia, diuji di jalan pedalaman, dengan teknologi yang diperkirakan akan menjadi kenyataan bagi konsumen dalam 10 tahun ke depan.

Kendaraan tanpa pengemudi level 4, yang tidak memerlukan pengemudi untuk beroperasi, baru saja menyelesaikan uji coba pertamanya di pedalaman di mana penduduk di Mount Isa sangat antusias dengan teratasinya masalah oleh kendaraan seperti ZOE.

Warga Mount Isa sambut mobil nir pengemudiWarga Mount Isa menyambut baik konsep mobil tanpa pengemudi. (Foto: abc.net.au/indonesian)

Perkenalkan, ZOE.2

Dikembangkan melalui kemitraan antara Queensland Department of Transport and Main Roads, Queensland University of Technology dan unit riset transportasi pemerintah federal iMOVE, ZOE pada dasarnya adalah komputer raksasa di atas roda.

Mobil tersebut menggunakan enam sensor laser, sensor radar, kamera, dan GPS untuk menginterpretasikan lingkungan sekitar, sementara kecerdasan buatan dan berbagai algoritma pengambilan keputusan bekerja secara real time untuk menentukan apakah kendaraan aman untuk bergerak.

Mobil itu membuat komunitas pedesaan bersemangat untuk melihat kemungkinannya di masa depan.

"Ada persepsi bahwa orang lanjut usia tidak menerima teknologi, tetapi yang kami temukan adalah kebanyakan orang lanjut usia yang mengalami kendaraan tersebut, pada dasarnya mereka bertanya kepada saya kapan Anda dapat membeli salah satu dari mobil ini," kata pemimpin proyek dari Departemen Transportasi dan Jalan Utama Queensland, Amit Trivedi.

Warga Mount Isa, Ranita Toholke, yang merupakan orang pertama di kota yang mencoba mobil tersebut, mengatakan orang lanjut usia dan orang dengan disabilitas serta mereka yang tidak dapat mengemudi karena alasan lain akan dapat memanfaatkan mobil tanpa pengemudi.

Rekan warga Mount Isa, Paul Shaw, mengatakan bahwa kendaraan tersebut dapat membuat perjalanan jauh yang sering dilakukan oleh penduduk pedalaman jauh lebih nyaman.

"Kamu bisa tidur siang, makan, istirahat sejenak untuk perjalanan yang lebih lama, yang akan sangat berguna untuk kehidupan di sini," katanya.

dashboard mobil nir pengemudiZOE.2 memiliki sistem komputer terintegrasi yang menggerakkan mobil. (Foto: abc.net.au/indonesian - Supplied: Department of Transport and Main Roads)

Shaw mengatakan kurangnya transportasi umum di kota berarti kendaraan tanpa pengemudi dapat mengurangi tekanan pada layanan taksi.

ZOE diuji di Mount Isa untuk membuktikan bahwa mobil tanpa pengemudi berteknologi tinggi dapat beradaptasi dengan lingkungan pedalaman.

"Ada persepsi bahwa mobil berteknologi tinggi seperti kendaraan otonom hanya cocok untuk perkotaan," kata Trivedi.

"Ini adalah mobil tanpa pengemudi tercanggih di Australia dan kami ingin menunjukkan bahwa kota pedesaan di barat Queensland sama-sama cocok untuk mengadopsi teknologi ini seperti halnya kota Brisbane."

Jalan masih panjang

Meskipun ada beberapa contoh kendaraan tanpa pengemudi yang beroperasi di jalan raya di seluruh dunia, sebagian besar merupakan uji coba yang dikontrol ketat melalui layanan ride-share dan taksi robot, seperti Cruise di AS dan Baidu di China.

Mobil yang sepenuhnya otonom belum ada di jalan di Australia dan undang-undang harus diubah untuk memungkinkan konsep dan peningkatan beberapa aspek teknologi.

Beberapa hambatan utama pertumbuhan mobil otonom termasuk ketidakmampuan kendaraan untuk beradaptasi dengan situasi yang tidak terduga seperti menanggapi pengontrol lalu lintas yang melambai di jalan.

ZOE2 menavigasi jalanan Mount IsaZOE.2 menavigasi jalanan Mount Isa. (Foto: abc.net.au/indonesian - Supplied: Department of Transport and Main Roads)

Kendaraan otonom juga rentan terhadap peretasan, di mana peretas menguasai mobil melalui komputer dan sistem digitalnya.

Infrastruktur yang tidak kompatibel dan kurangnya dukungan konsumen juga menjadi hambatan.

Namun warga yang mencoba ZOE.2 mengatakan mereka berharap untuk masa depan.

"Masih ada area yang membutuhkan perbaikan besar, tapi begitu Anda masuk dan merasakan mobilnya, Anda menyadari bahwa ini sebenarnya bisa menjadi kenyataan dalam waktu dekat," kata Shaw.

Ranita Toholke mengatakan kemungkinan baru untuk tidak harus berada di belakang kemudi setelah semalaman minum bir mungkin menjadi insentif terbesar bagi orang Australia untuk membeli mobil seperti ZOE.

"Sobat, di tempat seperti Mount Isa, saya pikir beberapa dari kita bisa berada di belakang mobil otomatis membantu kita pulang dari pub," katanya. (Artikel ini diproduksi oleh Hellena Souisa dari laporan ABC News)/abc.net.au/indonesian. []

Berita terkait
Family Fun Drive Mencoba Langsung Pesona Mobil Listrik MG4 EV di BSD City
MG4 EV adalah kendaraan listrik dengan kecanggihan dan sensasi baru yang sangat diminati di kalangan keluarga