Microsoft Beli Nuance, Perusahaan Teknologi Percakapan AI

Microsoft beli Nuance seharga US$19,7 miliar untuk memperkuat kekuatan perusahaan dalam hal pengenalan suara.
Gedung Microsoft. (Foto:Tagar/Ist)

Jakarta - Microsoft membeli perusahaan teknologi percakapan AI (Artificial Intelligent) bernama Nuance seharga US$19,7 miliar (Rp287,4 triliun). Langkah Microsoft ini untuk memperkuat kekuatan perusahaan dalam hal pengenalan suara.

Lebih lanjut, akuisisi ini memberikan pengaruh di pasar perawatan kesehatan yang menjadi ranah bisnis Nuance. Berdasarkan laporan The Verge, Microsoft akan membayar US$56 per lembar saham untuk Nuance.

Nilai tersebut, jauh lebih besar 23 persen dibanding harga penutupan Nuance pada hari Jumat pekan lalu, dan kesepakatan ini sudah termasuk hutang bersih Nuance. Nuance sendiri, dikenal masyarakat melalui karyanya, software Dragon.

Software Dragon, menggunakan teknologi Deep Learning untuk mentranskripsi percakapan dan meningkatkan akurasi lebih lanjut dengan mengadaptasi suara pengguna. Nuance juga memiliki lisensi untuk teknologi ini di berbagai layanan dan aplikasi, termasuk yang paling terkenal, asisten digital Apple, Siri.

Dragon diklaim sebagai pemimpin industri dalam hal akurasi transkripsi. Nilai akuisisi Nuance yang mencapai US$19,7 miliar merupakan pembelian terbesar kedua Microsoft setelah LinkedIn pada tahun 2016 senilai US$26 miliar (Rp379,3 triliun).

Untuk Microsoft, yang menghasilkan dua per tiga dari pendapatannya dari penjualan software enterprise dan komputasi awan, meningkatkan layanan transkripsi untuk sejumlah skenario dinilai sangat masuk akal.

Langkah ini, membuat Microsoft dapat mengintegrasikan teknologi karya Nuance ke dalam software yang telah dipasarkannya, seperti Teams, atau menawarkannya secara mandiri sebagai bagian dari bisnis cloud Azure karyanya. []

Berita terkait
Microsoft Resmi Tutup Asisten Virtual Cortana
Microsoft resmi menutup asisten virtual besutannya, Cortana setelah kalah bersaing dari Google Assistant dan Siri milik Apple.
Tentara Amerika Pakai Headset Augmented Reality Microsoft
Headset berteknologi augmented reality dari Microsoft untuk tentara AS disebut bisa mendukung pengguna dalam pengambilan keputusan taktis
Microsoft Bakal Beli Aplikasi Chat Discord US$ 30,6 Miliar
Microsoft berencana membeli Discord, aplikasi obrolan komunitas video game, dengan nilai lebih dari US$10 miliar.
0
Pimpinan KPK Tak Bisa Cabut SK Hasil Tes Wawasan Kebangsaan
KPK menolak keberatan sejumlah pegawai mengenai Hasil Tes Wawasan Kebangsaan TKW untuk memitigasi risiko atau permasalahan yang mungkin timbul.