Meta Buka Showroom VR Pertama, dan Proyek Metaverse

Perusahaan induk Facebook, Meta selama beberapa tahun terakhir memfokuskan salah satu sayap bisnisnya dalam teknologi Virtual Reality (VR).
Mark Zuckerberg. (Foto; Tagar/Meta)

TAGAR.id, Jakarta - Perusahaan induk Facebook, Meta selama beberapa tahun terakhir memfokuskan salah satu sayap bisnisnya dalam teknologi Virtual Reality (VR) dan proyek metaverse mereka.

Proyek-proyek tersebut secara khusus dirancang Meta dalam satu divisi khusus yang disebut Reality Labs, bagian dari perusahaan yang merancang produk untuk metaverse. 

Reality Labs menjadi salah satu sumber uang bagi Meta, jika bertaruh besar pada masa depan perusahaan. Namun, sayangnya mereka membukukan kerugian USD 2,96 miliar atau sekitar Rp 42,9 triliun pada hasil kuartal pertama, dibandingkan dengan kerugian USD 1,83 miliar pada kuartal pertama 2021.

Meta berencana untuk membuka toko fisik dan showroom pertama untuk teknologi headset VR, di mana pelanggan dapat membeli headset Quest 2. Mereka juga bersiap untuk headset kelas atas, yang saat ini disebut sebagai Project Cambria dan akan dirilis akhir tahun ini.

Hingga saat ini, hanya ada sedikit game VR (hanya 3 persen pengguna di platform game populer steam yang memiliki headset VR).

Konser dan olahraga juga memiliki potensi yang signifikan, tetapi belum ada pendorong nyata untuk keduanya. Bahkan pendidikan, di mana "perjalanan lapangan" kelas yang mendalam ke mana saja di dunia adalah bagian dari imajinasi kolektif tentang manfaat VR, belum berkembang secara signifikan.

Meta bertaruh sebagai bagian dari upaya keragaman di luar pendapatan iklan dari keluarga aplikasi Facebook, termasuk aplikasi inti, Instagram dan WhatsApp, yang menyumbang 97,5 persen dari pendapatan pada kuartal terakhir, tutup menjadi USD 28 miliar.

( Iskandar Isnan )

Berita terkait
Cara Download Video dari Facebook dengan Mudah, Cepat dan Gratis!
Berikut cara donwload video dari Facebook dengan mudah, cepat, gratis melalui laman Savefrom.
Wow! Meta Facebook Bikin Uang Virtual Zuck Bucks
Laporan Financial Times menunjukkan perusahaan induk Facebook dan WhatsApp atau meta sedang mengerjakan uang virtual yang disebut Zuck Bucks.
Facebook Diblokir Rusia karena Batasi Akses Media
Pembatasan ini dinilai melanggar kebebasan informasi dan menghambat pengguna internet Rusia untuk mengakses berita.
0
Meta Buka Showroom VR Pertama, dan Proyek Metaverse
Perusahaan induk Facebook, Meta selama beberapa tahun terakhir memfokuskan salah satu sayap bisnisnya dalam teknologi Virtual Reality (VR).