Menteri Sofyan Djalil Tinjau Layanan Pertanahan DKI Jakarta

Menteri ATR/BPN Sofyan A. Djalil meninjaupeningkatan layanan pertanahan di DKI Jakarta yang menurutnya sudah lebih baik dari sebelumnya.
Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan A. Djalil

Jakarta - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan A. Djalil melakukan kunjungan ke Kantor Pertanahan (Kantah) Kota Administrasi Jakarta Pusat dan Kota Administrasi Jakarta Utara dalam rangka meninjau peningkatan layanan pertanahan.

Turut mendampingi, Staf Khusus Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Pengembangan Teknologi Informasi, Della R. Abdullah; dan Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi DKI Jakarta, Dwi Budi Martono.

Dalam kesempatan ini, Menteri ATR/Kepala BPN berkesempatan menyapa pemohon dan melakukan komunikasi secara langsung kepada pemohon bahwa Kementerian ATR/BPN terus melakukan pembenahan dari segi kualitas pelayanan, produk maupun SDM sehingga ATR/BPN kini sudah jauh lebih baik. Pembenahan tersebut juga diterapkan di Kanwil BPN Provinsi hingga Kantor Pertanahan di seluruh Kabupaten/Kota.


Saya bisa bilang BPN sudah jauh lebih baik pelayanan sudah lebih pasti masyarakat sudah jauh lebih terlayani dengan baik antrean sudah banyak yang berkurang itu terjadi di berbagai Kantor Pertanahan.


"Kita melihat perbaikan yang sudah dilakukan di DKI Jakarta pada umumnya, dengan melihat kedua Kantor Pertanahan yaitu Jakarta Pusat dan Jakarta Utara. Terutama adalah langkah bagaimana mendigitalisasikan semua dokumen pertanahan sehingga ke depan dan suatu saat nanti layanan digital kita menjadi lebih baik," kata Sofyan A. Djalil dalam keterangan tertulis, Jumat 10 September 2021.

Lebih lanjut Menteri ATR/Kepala BPN menuturkan dengan diterapkannya digitalisasi layanan pertanahan, nantinya akan mengurangi antrean yang ada di Kantor Pertanahan sekaligus juga mendukung pembatasan di era pandemi Covid-19. 

"Saya bisa bilang BPN sudah jauh lebih baik pelayanan sudah lebih pasti, masyarakat sudah jauh lebih terlayani dengan baik. Antrean sudah banyak yang berkurang itu terjadi di berbagai Kantor Pertanahan," ujarnya.

Sofyan A. Djalil juga mendorong agar Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan yang ada di Kantor Pertanahan dan tidak kalah penting kualitas personal. 

"Untuk SDM memang selama ini kita masih banyak pegawai yang statusnya kontrak, namun kita selalu dorong semua pegawai tersebut untuk mengikuti seleksi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) supaya mereka memiliki karir dan masa depan yang lebih baik lagi," katanya.

Menteri ATR/Kepala BPN dalam kesempatan ini juga melihat secara langsung efektivitas penggunaan aplikasi Jakarta Satu, di mana terdapat integrasi data berupa peta dan kebijakan yang merupakan hasil kerja sama antara kementerian lembaga, yang salah satunya Kementerian ATR/BPN, dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. 

Di samping itu, ia juga meninjau penerapan aplikasi Komputerisasi Kegiatan Pertanahan (KKP) yang merupakan aplikasi yang menaungi seluruh layanan di Kementerian ATR/BPN. []

Berita terkait
Menteri ATR/BPN: Kunci Sukses Menjadi ASN Adalah Integritas
Menteri ATR/BPN Sofyan A. Djalil mengatakan bahwa kunci sukses menjadi ASN sama dengan profesi lainnya, yaitu integritas dan tak ada jalan pintas.
Kementerian ATR/BPN Gandeng DPR Berikan Edukasi Soal PTSL
Kementerian ATR/BPN gandeng DPR RI mensosialisasikan program strategis yaitu Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang perlu diketahui.
Kementerian ATR/BPN Bangun Transformasi Digital di Indonesia
Kementerian ATR/BPN bangun transformasi digital yang terus digalakkan ke seluruh satuan kerja di Indonesia hingga perbaikan pada SDM.
0
Menteri Sofyan Djalil Tinjau Layanan Pertanahan DKI Jakarta
Menteri ATR/BPN Sofyan A. Djalil meninjaupeningkatan layanan pertanahan di DKI Jakarta yang menurutnya sudah lebih baik dari sebelumnya.