Menteri Siti: SK Izin Pemanfaatan Hutan Saja Tidak Cukup

Menteri LHK Siti Nurbaya menegaskan, program perhutanan sosial tidak cukup hanya dengan diberikan SK Izin Pemanfaatan Hutan.
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya. (Foto: Tagar/KLHK)

Jakarta – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menegaskan untuk kepentingan masyarakat, program perhutanan sosial tidak cukup hanya dengan diberikan Surat Keputusan (SK) Izin Pemanfaatan Hutan dalam Perhutanan Sosial untuk masuk ke kawasan hutan.

“Yang lebih penting lagi adalah pendampingan sampai masyarakat punya kemampuan manajemen dari SK yang diterima,”kata Menteri Siti.

Hal ini, sesuai dengan yang dikatakan Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar pandjaitan sebelumnya, bahwa aspek bisnis dalam perhutanan sosial sangat penting. Lantaran bukan hanya agroforestry, tapi juga bisa dikembangkan menjadi ekowisata, bio energi, hasil hutan bukan kayu, industri kayu rakyat dan lain-lain.

Yang lebih penting lagi adalah pendampingan sampai masyarakat punya kemampuan manajemen dari SK yang diterima.

Selanjutnya Menteri Siti menjelaskan, per tanggal 19 Oktober 2020, luar area perhutanan sosial sudah mencapai 4,4 juta hektare. Berdasarkan arahan Presiden Jokowi, dalam pengembangan hutan sosial harus dilakukan dari hulu sampai ke hilir.

“Oleh karena itu, tadi saya melaporkan ke bapak Presiden kiranya menteri koperasi UKM dan lain-lain dikoordinir oleh Bapak Menko itu akan memberikan dukungan konsolidasi yang menjadi usaha rakyat. Kira-kira sistematis dan sekelas korporat lah begitu. Saya berterima kasih bahwa perhutanan sosial ini diangkat. Saya berterima kasih juga kolaborasi dari Bappenas, Mendagri, Menkop UKM, Menteri KKP dan Menteri Pertanian,” ucap Menteri Siti. []

Berita terkait
Menteri Siti: Kolaborasi Bersama Berhasil Cegah Karhutla
Menteri LHK Siti Nurbaya, merasa bersyukur lantaran kolaborasi bersama dapat mencegah perkiraan duet bencana Karhutla dan Covid-19.
Menteri Siti: UU Cipta Kerja Pangkas Prosedur Perizinan
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menegaskan, tidak benar ada kemunduran terkait makna Analisa Dampak Lingkungan (AMDAL).
Siti Nurbaya: Pemanfaatan Hutan Oleh Masyarakat Mulai Diurai
Menteri Siti mengatakan, sedang membenahi lingkungan hidup dan kehutanan sesuai arahan Presiden Jokowi tentang keberpihakan kepada masyarakat.
0
Pemprov DKI Bangun Tugu Sepeda, Anggota DPRD: Mending Bangun Tugu Ojek Online
Anggota DPRD DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak mengatakan, sebaiknya Pemprov DKI Jakarta membuat tugu ojek online ketimbang tugu sepeda.