UNTUK INDONESIA
Menteri PUPR Tanggapi Wacana Anies Soal PKL di Trotoar
Menteri PUPR mengatakan wacana Anies Baswedan yang memperbolehkan PKL di trotoar harus memenuhi sejumlah syarat.
Ilustrasi kios PKL di trotoar. (Foto: Flickr)

Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menyatakan wacana Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengizinkan Pedagang Kaki Lima (PKL) berjualan di trotoar ibu kota boleh-boleh saja, tetapi hal itu harus memenuhi sejumlah syarat. 

Basuki menyebut pesyaratan itu antara lain spesifikasi trotoar dan PKL yang berjualan.

"Itu ada syaratnya, kalau tidak salah ada enam syarat dan yang pasti tidak boleh permanen. Salah satunya trotoar yang mau dipakai untuk jualan itu minimal lima meter. Itu ada Permen PU," ujar Basuki di Hotel Sultan, Jakarta pada Senin, 16 September 2019.

Seperti trotoar dipakai PKL di Tanah Abang itu gak boleh.

Peraturan Menteri (Permen) yang dimaksud Basuki adalah Pemen Pekerja Umum Perumahan Rakyat Nomor 03/PRT/M/2014 tentang Pedoman Perencanaan, Penyediaan, dan Pemanfaatan Prasarana dan Sarana Jaringan Pejalan Kaki di Kawasan Perkotaan.

PKL yang diperbolehkan berjualan di ruas trotoar, kata Basuki, tidak boleh berbentuk bangunan permanen. Selain itu, ia juga menyoroti kebijakan penutupan Jalan Jati Baru, Tanah Abang, Jakarta Pusat untuk kegiatan PKL yang dilakukan Anies pada 2017 lalu.

"Boleh dimana saja (berjualan di trotoar), tapi ada Permen PUPR. Seperti trotoar dipakai PKL di Tanah Abang itu gak boleh," kata Basuki.

Ia juga mengatakan pemanfaatan trotoar untuk kegiatan berdagang juga dilakukan di luar negeri. Untuk diketahui, pedagang yang berjualan di trotoar kota-kota besar di dunia seperti Washington DC, New York, London, dan sebagainya dikenal dengan istilah street kiosk.

"Seperti orang di Washington DC, di trotoar itu (PKL) bentuknya harus mobile," tutur Basuki. []

Berita terkait
Karhutla Ibu Kota Baru, Menteri PUPR: Kami Sudah Survei
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menanggapi peristiwa karhutla) yang terjadi di Sumatera dan Kalimantan.
Upaya Kementerian PUPR Atasi Karhutla
Kementerian PUPR sedang membangun saluran-saluran air di lahan gambut sekitar karhutla untuk membantu pemadaman api di sejumlah titik di Indonesia.
Menteri Basuki: ASN PUPR Contoh Karakter BJ Habibie
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melantik sebanyak 73 Pejabat Kementerian PUPR.
0
Fachrul Razi Jadi Menteri Agama di Kabinet Jokowi?
Sosok Fachrul Razi dikabarkan akan menggantikan Lukman Hakim Saifuddin sebagai Menteri Agama (Menag).