UNTUK INDONESIA
Menteri Perindustrian: Impor Truk Tidak akan Terjadi
Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita memastikan Indonesia tidak akan mengimpor truk bekas.
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. (Foto: Antara/ Biro Humas Kementerian Perindustrian)

Jakarta - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita memastikan Indonesia tidak akan mengimpor truk bekas, menyusul isu yang mencuat yang menyatakan bahwa Indonesia memberikan izin untuk impor truk bekas.

"Saya ingin sampaikan, di Kemenperin hal itu tidak akan terjadi. Impor hanya dimungkinkan untuk truk yang tak bisa diproduksi di dalam negeri," kata Agus, sebagaimana diberitakan Antara, Kamis, 5 Maret 2020.

Kabar yang beredar tersebut memunculkan kekhawatiran bagi pelaku industri otomotif, terlebih dalam segmen kendaraan komersial atau niaga.

Baca juga: Kemenperin Dorong Percepatan Program Mobil Listrik

Pihak Kemenperin akan melakukan pertemuan bersama Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) untuk membahas tantangan dalam industri otomotif nasional.

"Gaikindo akan kami undang untuk rapat kerja pada pekan depan. Kemenperin dan Gaikindo akan bersama-sama duduk untuk mendengar masukan dari asosiasi terkait kebutuhan apa saja yang menjadi perhatian pemerintah," ujar Agus.

Baca juga: Kemenperin Dorong Mobil Esemka Gunakan Komponen Lokal

Pameran kendaraan niaga Gaikindo Indonesia International Commercial Expo (GIICOMVEC) 2020 resmi dibuka pada hari ini, Kamis, 5 Maret 2020. Pameran ini akan dihelat dari 5 sampai dengan 8 Maret di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta.[]

Berita terkait
Melihat Peluang Kendaraan Listrik Niaga di Indonesia
Penggunaan motor baterai di kendaraan truk pengangkut untuk kebutuhan produksi maupun distribusi di Indonesia.
Mobil Listrik Indonesia Siap Diproduksi, Kementerian Perindustrian Belum Keluarkan Izin
Sejumlah kampus bersama beberapa perusahaan otomotif siap memproduksi mobil listrik. Namun, kementerian Perindustrian belum mengeluarkan izin
Agus Gumiwang Tuan Perfeksionis di Kabinet Jokowi
Agus Gumiwang Kartasasmita resmi menjadi Menteri Perindustrian setelah dilantik Jokowi di Istana Negara Jakarta.
0
Mayat Bocah Tanpa Kepala Ditemukan di Sidrap Sulsel
Sesosok mayat tanpa kepala ditemukan mengapung di saluran irigasi Galung Aserae, Kelurahan Lakessi Kabupaten Sidrap Sulsel.