Pemerintah Kota Makassar

Mensos Risma Dapat Gelar Adat dari Kesultanan Bulungan

Mensos Tri Rismaharini mendapat gelar adat Adji Nasyrah Maliha dari Kesultanan Bulungan Kalimantan Utara yang memiiki arti pemimpin berwibawa.
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini. (Foto: Tagar/Kemensos)

Jakarta - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mendapat gelar adat Adji Nasyrah Maliha dari Kesultanan Bulungan, Kalimantan Utara (Kaltara). Gelar adat yang berarti pemimpin berwibawa itu diberikan kepada Risma, karena banyak berbuat untuk Kalimantan Utara.

Mensos mengaku tak tahu sama sekali bahwa dirinya bakal mendapat gelar adat tersebut. Semua berawal ketika Risma mengunjungi Kabupaten Bulungan, Kamis, 28 Oktober 2021, dan tiba-tiba disambut dengan Tari Belundi, tarian adat yang hampir punah.

Pihak Kesultanan Bulungan menerima Risma di Situs Rumah Raya Kesultanan Bulungan, kediaman almarhum Datu Perdana. Situs Rumah Raya Kesultanan Bulungan merupakan pusat kegiatan ritual adat, sekaligus tempat pemberian gelar adat.


Sebagai sebuah bagian dari aset nasional dan menjadi bagian tak terpisahkan dari sejarah kemerdekaan bangsa harus dipelihara dan dijaga.


Di sana lah Risma dianugerahi gelar Adji Nasyrah Maliha. Gelar itu diberikan oleh Ketua Pemangku Adat Bulungan, Datu Buyung Perkasa. Gelar ini berarti pemimpin yang berwibawa, pengayom, pelindung dan bijaksana. Risma pun mengaku terkejut dan terharu dengan gelar adat ini.

"Saya baru tahu akan mendapatkan gelar adat ini setelah datang ke sini. Saya sempat kaget. Saya sampaikan terima kasih dan hormat saya kepada para tokoh adat Kesultanan Bulungan, tokoh masyarakat, dan para alim ulama. Semoga saya bisa menjaga nama baik Kesultanan Bulungan," kata Risma dalam siaran persnya, Jumat, 29 Oktober 2021.

Dalam kesempatan itu, Risma juga menyampaikan rasa hormat kepada semua tokoh adat di berbagai kesultanan di Tanah Air, termasuk Kesultanan Bulungan. Sebab, tokoh adat dan kesultanan turut berjuang memerdekakan Indonesia dari penjajahan.

“Sebagai sebuah bagian dari aset nasional dan menjadi bagian tak terpisahkan dari sejarah kemerdekaan bangsa, harus dipelihara dan dijaga,” kata Risma.

Datu Buyung mengatakan, pemberian gelar itu adalah bentuk doa Kesultanan Bulungan untuk Risma. Diharapkan Risma ke depan bisa lebih baik serta bisa menjalankan tugas dengan amanah.

"Pemberian gelar merupakan kesepakatan lembaga adat atas prestasi dan jasa Ibu Risma karena banyak berbuat untuk Kaltara,” kata Datu Buyung. []



Berita terkait
Mensos Risma Diminta Kaji Ulang Kepmensos 92 Tahun 2021
Koordinator Advokasi BPJS Watch Timboel Siregar meminta Menteri Sosial Tri Rismaharini untuk mengkaji ulang atau mencabut Kepmensos No 92 2021.
Mensos Risma Gelar Simulasi Bencana di Pacitan Jawa Timur
Mensos ikut berlari bersama warga dalam simulasi menghadapi ancaman gempa bumi dan tsunami
Mensos Risma Mengalami Kenaikan Harta Kekayaan dalam 10 Tahun
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini memiliki harta kekayaan sebesar Rp 8,5 miliar mengalami kenaikan harta kekayaan selama 10 tahun.
0
Mensos Risma Dapat Gelar Adat dari Kesultanan Bulungan
Mensos Tri Rismaharini mendapat gelar adat Adji Nasyrah Maliha dari Kesultanan Bulungan Kalimantan Utara yang memiiki arti pemimpin berwibawa.